Travelling Bareng Anak Nggak Pake Drama? Bisa!

18 January 2019 by
Travelling Bareng Anak <i>Nggak</i> Pake Drama? Bisa!

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Travelling bareng anak emang menyenangkan. Namun ada masanya anak menjadi bosan dan merengek sepanjang perjalanan menuju suatu destinasi wisata. Drama gitu deh..

Menurut psikolog Nadya Pramesrani, M.Psi, travelling bisa memicu banyak drama, sebab semua anggota keluarga keluar dari zona nyaman. “Gak ada kebiasaan seperti sehari-hari, karena itu ada aja masalah atau perdebatan ketika travelling.”

Nadya memberikan empat cara, agar travelling bareng anak minim drama. Apa saja?

Baca juga: Kuliner Akhir Pekan: 4 Rekomendasi Menu di Gyu Katsu Nikaido

Melibatkan anak sebagai pelaksana

Anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) sekarang sudah mempunyai kemauan. 

“Dan mereka bisa menggunakan Google untuk mencari destinasi wisata. Karena itu, orang tua perlu melibatkan anak dalam menyusun jadwal liburan,” ujar Nadya.

Anak mungkin bisa diberikan kesempatan menyusun itinerary hari pertama. Jadi anak tidak lagi sebagai peserta, tetapi pelaksana dalam membuat jadwal liburan.

Baca juga: Kemaleman di GWK? Bisa Nginep di Vila Sekitarnya Nih

Jangan sampai telat makan

Karena terlalu senang, orang tua atau anak bisa lupa makan. Padahal menetapkan jadwal makan seperti rutinitas setiap hari saat liburan sangat penting, agar anak tidak rewel.

“Orang tua harus memastikan jadwal makan anak bisa sesuai dengan rutinitas setiap hari saat liburan,” kata Nadya. Selain itu, jangan lupa meluangkan waktu untuk beristirahat.

Baca juga: Patung Tertinggi Indonesia ada di Bali, Tengok Yuk

Mempersiapkan rencana cadangan

Saat liburan dengan anak, orang tua perlu melengkapi diri dengan informasi dan rencana cadangan. Orang tua perlu menyiapkan rencana lain kalau tiba-tiba anak rewel atau bosan.

Jangan terlalu terpaku pada itinerary 

Liburan dengan anak tidak perlu terlalu kaku, alias sangat patuh dengan jadwal. Agar dapat menikmati liburan, lakukan saja semua aktivitas secara lebih fleksibel.

Apa Reaksi Anda ?

Love
67%

Suka

Laugh
22%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
11%

Marah

2665 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Komang Uzone 21 February 2019 | 14:34:56

iya kehidupan orang kan memang selalu penuh dengan drama

Mohammad Ali 21 February 2019 | 12:22:54

kalo gak mau drama yah mending tidue aja

Badai Samudra 21 February 2019 | 08:53:14

Gak ada kebiasaan seperti sehari-hari

Septi 21 February 2019 | 07:18:24

Iya juga sih kalau mau Travelling sama anak selalu ada drama

Anime D' 21 February 2019 | 03:46:38

harus lah pake drama biar seru traveling

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top