Sensasi Bersepeda di Jalur Sepanjang 2,6 Km di Atas Laut China

07 May 2018 by
Sensasi Bersepeda di Jalur Sepanjang 2,6 Km di Atas Laut China

Di Kota Xiamen, Provinsi Fujian, China, terdapat jalan khusus sepeda atau bike path yang dibangun di atas laut. Jalur yang bernama Xinglin Bay Path ini memiliki panjang 2,6 kilometer. Dibuka secara gratis sejak tahun 2014, Xinglin Bay Path juga memiliki fasilitas pendukung seperti area pejalan kaki dan jalur hijau.

kumparan (kumparan.com) mencoba merasakan fasilitas publik ini. Untuk sepeda, kumparan memanfaatkan layanan bike-sharing atau persewaan sepeda berbasis aplikasi yang tersebar di area Xinglin Bay. 

Layanan bike-sharing sangat membantu saat bepergian ke area wisata di China. Gowes kali ini, kumparan ditemani oleh Dara, mahasiswi program sarjana di Huaqiao University, Xiamen.

Selama mengayuh sepeda, kumparan berpapasan dengan tim dayung yang sedang berlatih di area teluk. Jalur sepeda juga cukup ramai karena bertepatan dengan hari libur akhir pekan dan cuaca sangat cerah. 

Bila ingin menikmati teluk, kita bisa memakai fasilitas tempat duduk yang tersedia di sepanjang jalur sepeda. Untuk keamanan, kita tidak usah ragu. Pagar tinggi, membuat perjalanan tetap terasa aman tanpa memicu rasa takut terjatuh ke area teluk. 

Ditambah lagi, fasilitas kamera pengawas dan patroli petugas keamanan menambah rasa aman saat melewati jalur sepeda di atas laut ini.

“Di sini juga enggak ada PKL,” ungkap Dara kepada kontributor kumparan di China, Rabu (9/5).

Selain cocok untuk bersepeda, jalur ini juga bisa mempersingkat waktu perjalanan bila ingin berpindah ke beberapa lokasi strategis di Distrik Jimei, Kota Xiamen seperti Jimei New Town, Yuanboyuan Expo Garden, dan Ji Xing Seawall. 

“Kalau naik bus misalnya dari kampus saya ke area kampus berbeda (di Distrik Jimei) bisa makan waktu lebih lama. Jadinya jalur sepeda ini sangat membantu dan memotong waktu perjalanan juga,” tutur Dara.

Puas menyeberangi jalur sepeda di atas laut, kumparan mengubah jalur dengan memakai jalan sepeda yang lokasinya tepat berada di pinggir teluk. Pemandangan tak kalah cantik karena jalur sepeda berada di area taman. Di area ini juga dilengkapi toilet umum. Uniknya, toilet memfasilitasi para warga penyandang keterbatasan fisik.

Di pinggir teluk, kumparan mencoba melihat jalur sepeda di atas laut dari tower observasi. Di sini, pemandangan teluk terlihat sangat indah, apalagi saat itu angin pantai berhembus sepoi-sepoi dan langit sangat cerah. Sambil beristirahat, kamera terus membidik pemadangan menarik di area Xinglin Bay.

Puas bersepeda, kumparan memilih pulang untuk mencoba jajanan lokal di area Distrik Jimei. Tak lupa, layanan sepeda berbasis aplikasi dinonaktifkan. kumparan cukup membayar RMB 1 atau setara Rp 2.000 untuk bersepeda selama sekitar 1 jam 20 menit di area Xinglin Bay.

Apa Reaksi Anda ?

Love
84%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
11%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
5%

Marah

550 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
trie 23 February 2019 | 08:57:19

yo wis poin yang penting utu konen nggak punya

Sani Deli 22 February 2019 | 20:31:46

waduh jadi pengen ngerasain langsung sensai bersepeda nya di sana

Deli Sani 22 February 2019 | 13:50:29

waduh pasti enak banget tuh kalo sepedaan di sana

Andre gundol 19 February 2019 | 21:36:54

angin di tempat tersebut pasti sangat kencang

nda 17 February 2019 | 11:04:51

ngeri ada ombak nanti Herdian Setiadi

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top