Selain Bebek Betutu, Bali Punya Bebek Timbungan

18 February 2019 by
Selain Bebek Betutu, Bali Punya Bebek Timbungan

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Restoran Bebek Timbungan Bali. (Foto: Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata)

Uzone.id - Ayam betutu, sate lilit, dan sayur plecing kangkung adalah beberapa kuliner yang terkenal di Bali. Kalau bebek timbungan, apakah kamu pernah mendengarnya?

Ya, bebek timbungan adalah salah satu sajian khas tertua asli Bali. Mengutip siaran pers dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia, selama ini, menu bebek timbungan disajikan menjelang Hari Raya Galungan.

Baca juga: Ada Destinasi Wisata Baru di Bandara Changi, Apa Aja?

Pada mulanya makanan ini hanya dihidangkan pada ritual-ritual upacara adat Bali. Menurut naskah kuno Dharma Caruban, salah satu menu Bali yang paling tradisional dalam upacara ritual adalah timbungan.

Timbungan sendiri berasal dari kata embung atau timbung yang memiliki arti bambu. Jadi, bebek timbungan adalah hidangan daging bebek yang dimasak dengan bumbu basa genep (racikan bumbu utama khas Bali) menggunakan bilah bambu.

Baca juga: Menemukan "Keajaiban" di Bukit Menoreh

Menariknya, kini, kamu bisa mencicipi kuliner ini di Restoran Bebek Timbungan Bali, Pertokoan Sunset One, Jl. Sunset Road No.88, Kuta, Badung, Bali.

Menteri Pariwisata Arief Yahya telah meresmikan restoran tersebut pada Minggu (17/2/2019). Arief juga berharap sajian yang dipopulerkan kembali itu bisa menjadi daya tarik baru bagi dunia wisata kuliner di Pulau Dewata.

Baca juga: Kuliner Akhir Pekan: Minum Makan Murah di Warung Kuy Kemang

“Saya berharap bebek timbungan semakin melengkapi kuliner di Bali dan diminati oleh wisatawan berlibur ke Bali,” ujar Arief.

Kelezatan bebek timbungan didapat dari olahan bumbu dan rempah dengan resep warisan leluhur, serta bebek yang dimasak hingga empuk. Apalagi disantap dengan nasi putih panas dan sambal matah yang juga khas Bali. Wah, jadi kepingin makan bebek timbungan.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

3780 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Don Bosski 09 May 2019 | 15:25:18

rekomended banget buat yang suka bebek betutu

8555 03 May 2019 | 23:37:07

Keren bali memang terkenal akan kulinernya dan sekarang bebek makin banyak fariasinya

lia 20 April 2019 | 21:49:24

bali punya bebek timbungan selain bebek betutu

Djakpar Sodik 18 March 2019 | 14:28:21

i love Indonesia soalnya punya banyak banget kuliner

Thytha Octa 17 March 2019 | 18:53:50

apakah itu jenis bebek baru yang ada di Bali

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top