Menengok Indahnya Tangga Warna-Warni Batu Caves yang Picu Kontroversi

24 December 2018 by
Menengok Indahnya Tangga Warna-Warni Batu Caves yang Picu Kontroversi

Batu Caves menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Selangor, Malaysia. Tak hanya panoramanya yang indah, di sana juga terdapat sebuah kuil Hindu yang terletak di dalam gua.

Apalagi di sekitar Batu Caves juga terdapat patung emas Dewa Murugan setinggi 42,7 meter yang jadi salah satu daya tarik wisatawan saat berlibur di Malaysia.

Namun, ada yang menarik dari Batu Caves, pasalnya di sekitar anak tangga yang berjumlah 272 buah tersebut telah dicat ulang dengan warna-warni yang indah.

Dilansir Lonelyplanet, tangga yang mengarah ke kuil di Malaysia tersebut memiliki warna baru yang menarik seperti warna pelangi yang indah. Akan tetapi, warna-warni dari tangga tersebut ternyata memicu kontroversi, lho.

Karena tak hanya menjadi situs bersejarah, kuil yang ada di Batu Caves juga menjadi tempat ziarah bagi umat Hindu di Malaysia. Sehingga ada dua pendapat mengenai perubahan warna tangga tersebut.

Dikutip dari surat kabar Malaysia The Star, perubahan warna tersebut ternyata menimbulkan pro dan kontra. Di antara mereka ada yang menyetujui hal tersebut yaitu dengan mengubah warna tangga menjadi warna-warni. Akan tetapi, ada beberapa orang yang kurang setuju terkait hal tersebut.

Perbedaan pendapat tersebut bukanlah tanpa alasan, hal tersebut karena di puncak tangga Batu Caves terdapat sebuah kuil umat Hindu yang menjadi tempat ziarah.

Kalaupun, jika memang ingin mengganti warna tersebut atau merenovasi ulang area sekitar Batu Caves, mereka haruslah mendapatkan persetujuan dari otoritas kebudayaan setempat dalam hal ini yaitu National Heritage Department atau Badan Warisan Malaysia.

Perlu diketahui bahwa, situs ini ditetapkan sebagai situs warisan kebudayaan pada tahun 2012, setelah beberapa renovasi telah selesai dilakukan. Kuil yang ada di sekitar Batu Caves juga menjadi tempat ziarah dan ritual umat Hindu.

Setiap tahun, ratusan ribu orang juga melakukan perjalanan ke gua-gua untuk festival Thaipusam pada akhir Januari atau awal Februari. Dan juga ritual lain yang diadakan di kuil pada setiap 12 tahunnya. 

Terlepas dari hal tersebut, tangga warna-warni tersebut seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung karena warnanya yang menyerupai sebuah pelangi. Selain itu, tangga warna-warni tersebut juga menjadi spot foto para wisatawan di sekitar Batu Caves. 

 

Bagaimana menurutmu?

Apa Reaksi Anda ?

Love
60%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
40%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1728 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Bagus Setya 11 May 2019 | 21:03:43

wah harusnya jangan dibikin warna warni tangganya soalnya belum dapet izin dari otoritas budaya setempat

11 April 2019 | 21:40:57

ini pemandangan indah banget tapi jauh banget

lia 07 April 2019 | 21:07:16

padahal indah dan keren tapi penuh kontroversi

siap PAkbOS 18 February 2019 | 14:51:26

wah itu wisata yang sangat indah sekalian

KOMEDI PUTAR 17 February 2019 | 23:56:01

awasi selalu agar tidak menjadi kenyataan bahwa kamu bisa berubah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top