Mau Lihat Festival Cap Go Meh di Singkawang? Simak Daftar Acaranya

29 January 2019 by
Mau Lihat Festival Cap Go Meh di Singkawang? Simak Daftar Acaranya

Festival Cap Go Meh 2018 di Singkawang. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)

Uzone.id - Festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, segera hadir untuk memeriahkan Perayaan Tahun Baru Imlek 2570. Mengutip siaran pers dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), festival ini dibuka pada 3 Februari 2019.

Ada berbagai atraksi yang digelar dalam festival ini. Beberapa di antaranya, yaitu Expo Cap Go Meh, atraksi 12 naga, pentas seni dan budaya, live music dari artis nasional, dan atraksi tatung.

Baca juga: 5 Spot Instagrammable di Starbucks Coffee Sanctuary Bali

Tatung merupakan sosok manusia yang menurut beberapa kepercayaan sedang dirasuki roh dewa. Kata 'tatung' sendiri berasal dari bahasa Hakka, yang berarti roh.

Ada pula parade replika singa raksasa berukuran 8,8 meter. Kemeriahan dilanjutkan dengan Festival Pawai Lampion. Kamu pasti bakal kagum melihat keindahan Festival Pawai Lampion yang biasa digelar malam hari.

Festival Cap Go Meh 2018 di Singkawang. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)

Usai menyaksikan warna-warni lampion, kamu bisa menikmati nuansa religi di Kota Singkawang. Prosesi Tolak Bala oleh para rohaniwan atau tatung diadakan pada 18 Februari 2019.

Berikutnya, ada prosesi Sembahyang Dewa Langit (Ket Sam Thoi). Kedua acara ini digelar di Kota Singkawang. Menurut siaran pers Kemenpar, nuansa religi ini juga ikut menegaskan status Singkawang sebagai Kota Seribu Kelenteng.

Baca juga: Coba Ajak Pasangan Kamu ke Cadaqués, Kota Paling Romantis di Spanyol

Lalu, perayaan puncak festival akan digelar pada 19 Februari 2019. Festival Cap Go Meh menyajikan aksi-aksi unik dari para tatung. Aksi ini bisa kamu lihat di sepanjang jalan utama Kota Singkawang. Lalu prosesi ditutup dengan pembakaran replika 12 naga di Vihara Buddhayana Roban (Chai Thong). 

“Festival Cap Go Meh ini venue terbaik untuk berlibur. Daya tarik yang ditawarkan sungguh luar biasa. Selain atraksinya, wisatawan juga bisa menikmati beragam kuliner khas Singkawang. Sebab, festival ini juga memiliki stand kuliner Singkawang,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti dalam pernyataan resminya.

Festival Cap Go Meh 2018 di Singkawang. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)

Aksesibilitas dan amenitas juga sudah dipersiapkan oleh pemerintah daerah Singkawang. Aksesibilitas menuju ke Kota Singkawang juga sangat mudah. Kamu bisa lewat jalur darat menggunakan Damri dari Bandara Supadio, Pontianak.

Baca juga: Wisata ke Pulau Ini, Bikin 'Auto Miskin'

Tarif yang ditawarkan sekitar Rp 100 ribu sekali jalan. Ada lima armada yang disiapkan dengan interval keberangkatan pukul 09.00, 11.00, 12.00, 13.00, dan 14.00 WIB.

Ada pula beragam hotel yang ditawarkan Kota Singkawang. Sebut saja Hotel Swiss-Belinn Singkawang dengan rate Rp 800 ribu semalam. Begitu juga dengan Hotel Airy Singkawang Tengah Salam Diman 129 dengan harga Rp 261 ribu per malam.

Festival Cap Go Meh 2018 di Singkawang. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)

Untuk hotel dengan harga di bawah Rp 200 Ribu, yaitu Wahana Inn, Astina Graha, juga Airy Graha Wahana.

 Menteri Pariwisata Arief Yahya, juga mengatakan, Cap Go Meh ini festival luar biasa. Dengan eksotisme yang ditawarkan, acara ini selalu sukses menarik kunjungan wisatawan dalam jumlah besar. Sehingga dapat menarik wisatawan dari wilayah perbatasan seperti Taiwan, Tiongkok ataupun Malaysia.

Jadi, jangan lupa ambil cuti di awal sampai pertengan Februari untuk melihat Festival Cap Go Meh 2019 di Singkawang, gaes.

Apa Reaksi Anda ?

Love
80%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
20%

Marah

5783 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Kata Channel 11 May 2019 | 22:58:39

Sepertinya bakal Maria acara Imlek di Pancoran

8555 08 May 2019 | 00:23:20

meriah banget bisa liat perayaan cap go meh ya

mz wied 30 April 2019 | 13:47:02

sepertinya bakalan meriah acara imlek di Pancoran

Aov 20 April 2019 | 03:30:56

sepertinya bakalan meriah acara imlek di Pancoran

budi kuncoro 19 April 2019 | 16:45:29

acara nya meriah banget dah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top