Lombok Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik di Indonesia

15 April 2019 by
Lombok Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik di Indonesia

Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Foto: Pixabay) 

Uzone.id - Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terpilih sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik di Indonesia.

Menurut siaran pers dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Muslim Travel Index (IMTI) 2019 dalam laporannya menyebutkan, terdapat 10 destinasi wisata halal unggulan Indonesia.

Ada Lombok, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur (Malang) dan sekitarnya, Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Wisata Sejarah di Magelang

Skor tertinggi, yaitu 70 dicapai oleh Lombok. Sedangkan skor terendah 33 diperoleh oleh Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya).

“Hasil IMTI 2019 menunjukkan terjadinya peningkatan skor di 10 destinasi wisata unggulan Indonesia,” kata Fazal Bahardeen CEO CrescentRating dan HalalTrip ketika menyampaikan report IMTI 2019 di Lobby Lantai 2 Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin siang (8/4/2019).

Sementara itu pada IMTI 2018, 10 destinasi unggulan mencatatkan skor tertinggi 58 yang diperoleh Lombok dan terendah destinasi Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya) sebesar 30.

Baca juga: Gangwon, Tempat Sempurna Melihat Alam Korsel

Fazal juga menjelaskan, IMTI 2019 mengacu pada standar Global Muslim Travel Index (GMTI) yang mengadopsi 4 kriteria meliputi; Access, Communication, Environment, dan Services (ACES).

“Masing-masing kriteria terdiri dari tiga komponen; untuk Access terdiri atas; visa requirements, air connectivity, transport infrastructure; Communication (outreach, ease of communication, dan digital presence); Environment (safety and culture, visitor arrivals, dan enabling climate). Sedangkan komponen Services terdiri dari core needs (halal food and prayers); core services (hotels, airports), dan unique experiences,” katanya.

Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, Indonesia sebagai pemain global halal tourism harus menggunakan standar global yang untuk wisata halal mengacu pada GMTI.

Baca juga: 3 Wahana Ekstrem di SnowBay Waterpark TMII, Kamu Berani Coba?

“Menteri Pariwisata menargetkan, Indonesia tahun ini menjadi ranking satu sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia versi GMTI,” kata Ni Wayan Giri Adnyani.

Ia mengatakan, untuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) halal tourism tahun ini ditargetkan mencapai 5 juta wisman atau 25% dari target 20 juta wisman.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

347 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Faisal Ahmadd 26 April 2019 | 05:05:44

jadi pengen ikut

Dimas Papek 25 April 2019 | 12:45:22

pencapaian yang sangat luar biasa ini bagus sekali

Rengat 24 April 2019 | 22:27:41

pencapaian yang sangat luar biasa ini bagus sekali

BASTIAR 24 April 2019 | 02:50:57

memang the best tempat wisata lombok

purkon hadi 23 April 2019 | 19:58:48

apa yah makanan khas lombok jd penasaran mau k lombok

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top