Lebaran, Pangandaran Disesaki Ratusan Ribu Pengunjung

16 June 2018 by
Lebaran, Pangandaran Disesaki Ratusan Ribu Pengunjung

Jumlah kunjungan ke objek wisata di Kabupaten Pangandaran pada liburan Hari Raya Idulfitri 1439 H ini terus meningkat. Selain Pantai Pangandaran yan sangat terkenal, wisatawan juga menyesaki sejumlah objek wisata lainnya.

"Lonjakan pengunjung ke objek wisata Pangandaran terjadi pada hari pertama Lebaran," demikian ditegaskan Ketua Tim Khusus Penarik Retribusi di tollgate objek Pangandaran, Dadan Sugista, saat dikonfirmasi, Sabtu 16 Juni 2018.

Kata Dadan, kepadatan kendaraan di pintu masuk terjadi justru saat malam hari. Meski ada lonjakan pengunjung wisata baik pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat, menurut Dadan, untuk kondisi volume kendaraan di jalur objek wisata, khususnya di jalur objek wisata pantai Pangandaran masih aman dan terkendali.

"Untuk kemacetan kendaraan di jalur objek wisata masih terkendali," ujarnya.

Dadan mengatakan, untuk jumlah pengunjung wisata pada hari H-1 Lebaran yang masuk ke objek wisata sekitar 4.500 orang. Sementara pada hari Lebaran pertama sekitar 26.000 orang pengunjung.

"Hari ini, Sabtu 16 Juni 2018, baik pengunjung yang mengunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang datang ke Pangandaran terus berlangsung," ujarnya.

Kunjungan tersebar

Wakil Bupati Pangandaran, Adang Hadari, yang kebetulan hadir saat melakukan pemantau ke tiap-tiap objek wisata menyampaikan informasi terakhir untuk jumlah total kunjungan ke lima objek wisata yang ada di Kabupaten pangandaran. Sejumlah objek wisata itu adalah Pantai Krapyak, Pantai Pangandaran, Pantai Hiu, Green Canyon, dan Pantai Batukaras.

Kata dia, total pengunjung pada hari H Lebaran mencapai sekitar 131.000 orang dan Sabtu ini mencapai sekitar 169.000 orang.

"Pengujung tersebar di lima objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Pangandaran, dan ada juga pengunjung yang datang ke objek wisata yang di kelola desa dan Karang Taruna serta objek wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani, sehingga kemacetan dapat terurai," ungkapnya. 

Pemkab Pangandaran, kata Adang, mengerahkan para kepala SKPD untuk turun ke lapangan guna melakukan pemantauan selama liburan hari raya lebaran 

"Termasuk Pak Kapolres dan Dandim Ciamis juga ikut hadir melakukan pemantauan di lapangan. Diperkirakan puncak lonjakan pengunjung wisata di prediksi akan terjadi Minggu 17 Juni 2018 (H+2) hingga seminggu setelahnya," ujarnya.

Kemacetan dapat diatasi

Pantauan di lapangan, di beberapa titik objek wisata sudah mulai terjadi kemacetan di jalur objek wisata khususnya di jalur Pantai Barat Pangandaran. Namun, petugas terlihat sigap mengurai arus lalu lintas. 

Sedangkan untuk jalur di Pantai Timur Pangandaran masih longgar. Tampak petugas pengatur lalu lintas baik dari pihak kepolisian maupun petugas Perhubungan sudah siap-siap berjaga apabila terjadi kemacetan kendaraan. 

Kapolsek Pangandaran, Kompol Suyadi, menegaskan bahwa kondisi jalur di beberapa jalur wisata di Pangandaran masih aman dan lancar.

"Kalau ada antrean kendaraan sedikit itu ada, namun masih bisa dikendalikan sehingga tidak terjadi kemacetan panjang," ujarnya.

Untuk objek wisata Pantai Pangandaran disediakan dua pintu masuk atau tollgate yakni pintu masuk arah pantai timur dan pintu masuk utama arah pantai barat. Sedangkan untuk kantong parkir kendaraan pengunjung diarahkan ke dua lokasi yakni di Pasar Wisata dan Lapangan Katapang Doyong. Sedangkan bagi pengunjung hotel diarahkan ke hotel yang memiliki lahan parkir.***

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

184 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Muhamad 24 April 2019 | 18:04:48

pantainya yang indah membuat pangandaran selalu dipenuhi ratusan ribu pengunjung tiap tahunnya

꧁yus꧂ 19 February 2019 | 00:09:23

waah pasti sangat macet dan pasti banyak turis

tri 18 February 2019 | 02:06:31

semoga kemacetan dapat teruraikan

tn 11 February 2019 | 21:57:09

wahh pasti sangat macet dan pasti banyak

tsel 10 February 2019 | 23:43:08

sudah tradisi kalau hari libur , pangandaran selalu penuh dengan wisatawan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top