Kesepian di Musim Liburan, Ini yang Harus Kamu Lakukan

27 December 2018 by
Kesepian di Musim Liburan, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Musim liburan sering dianggap sebagai masa yang membahagiakan. Namun, tidak semua orang merasakan kegembiraan di musim liburan. Bagi sebagian orang, liburan justru mendatangkan kesepian, entah karena tinggal jauh dari keluarga, kenangan buruk, kehilangan orang tercinta, atau lainnya.

Di samping itu, kesepian juga dapat menyerang siapa saja. Menurut survei oleh American Osteopathic Association (2016), 72 persen orang mengatakan bahwa mereka pernah mengalami kesepian. Hampir sepertiga dari mereka mengaku pernah kesepian setidaknya seminggu sekali.

Jika tidak diatasi dengan tepat, penelitian mengungkapkan bahwa kesepian dapat membuat kamu sakit secara fisik. Mengutip Bustle, berikut ini cara mengatasi kesepian selama musim liburan.

Baca: Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa, Ini Kuliner Wajib Coba di Cilegon

Jangan mengisolasi diri secara fisik

"Merasa kesepian selama liburan sebenarnya cukup umum terjadi," kata Kinsey McManus, Client Services Director di National Alliance of Mental Illness. Untuk mengatasi hal ini, Kinsey menyarankan untuk berpartisipasi dalam beberapa acara atau undangan.

Namun, kamu juga perlu memilah dan berani menolak beberapa penawaran. Kamu dapat terlibat dalam pertemuan yang membuat nyaman.

Jangan menganggap semua yang ada di media sosial sebagai kenyataan

Membandingkan kehidupan kamu dengan kehidupan orang lain di media sosial adalah perbuatan sia-sia. Jika kamu merasa berkekurangan saat melihat semua orang tampak bahagia di media sosial, kamu harus menjauhi media sosial.

Baca: Hujan Kembang Api Bakal Menghiasi Hong Kong di Malam Tahun Baru 2019

"Batasi media sosial, bila kamu tidak sangguo melihat orang lain berbagi pengalaman liburan mereka," kata Kinsey. "Orang-orang hanya mengunggah pengalaman terbaik mereka. Foto-foto itu sudah mereka pilih dengan sangat hati-hati."

Mandi air hangat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Emotion (2011) menemukan bahwa mandi air hangat dapat membantu mengurangi perasaan kesepian. Peneliti telah melakukan serangkaian studi untuk menemukan hubungan antara suhu fisik dan perasaan kesepian.

Kesepian biasanya dikaitkan dengan suhu dingin. Jadi, orang yang kesepian disarankan mandi air hangat lebih lama untuk menyelaraskan kehangatan yang hilang dalam hidup mereka. Meminum sesuatu yang hangat juga bisa memberikan efek yang sama.

Baca: Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Ramen

Meluangkan waktu untuk orang lain

Memberikan waktu kamu untuk orang lain adalah salah satu cara terbaik untuk melawan kesepian selama liburan.

Kamu mungkin dapat mengumpulkan barang-barang tidak terpakai dan menyumbangkannya kepada anak-anak di panti asuhan. Atau, kamu bisa berkunjung ke panti jompu atau rumah sakit untuk memberikan bingkisan.

Orang yang menunjukkan sikap tidak mementingkan diri sendiri kecil kemungkinan mengalami depresi. Demikian ujar, Kristina Zufall, M.Ed, seorang psikoterapis.

Baca: Mengenal Sokcho, Kota Kecil yang Jadi Lokasi Syuting Drama Korea Encounter

Melakukan aktivitas yang membuat kamu tertawa

“Tertawa meningkatkan produksi zat kimia positif di dalam tubuh,” ujar Susan Golicic, PhD, Certified Relationship Coach dan Co-founder Uninhibited Wellness.

Kamu mungkin bisa menonton film atau pertunjukan komedi. “Ketika tertawa, seluruh tubuh terasa lebih enak dan akan menghalangi emosi negatif.”

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
78%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
22%

Sedih

Angry
0%

Marah

2389 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
KOMEDI PUTAR 17 February 2019 | 23:46:57

terkadang menyendiri itu asyik buat merenung

Sari Sabrina 15 February 2019 | 18:04:11

kesepian saat poin uzone gx tambah poin

Jabami Yumeko 12 February 2019 | 16:34:41

kesepian biasanya dikaitkan dengan suhu

serizawa genji 11 February 2019 | 17:46:22

pantai ini cocok buat hiburan kita

Arifien Official 06 February 2019 | 11:34:01

Kalau saya pasti renang dia air hangat mang karena enak sekali

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top