Kereta Jakarta-Bandung Kini Lebih Cepat

29 September 2019 by
Kereta Jakarta-Bandung Kini Lebih Cepat

Perjalanan Jakarta-Bandung mengggunakan kereta api kini bisa lebih cepat. Dengan kereta Argo Parahyangan Excellence, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengklaim perjalanan Jakarta-Bandung ditempuh lebih singkat. Bila sebelumnya rute tersebut ditempuh rata- rata 3,5 jam, saat ini menjadi 2 jam 50 menit saja.

"Kehadiran kereta ini merupakan kado ulang tahun dari KAI untuk masyarakat yang menuju Bandung maupun Jakarta dengan waktu di bawah tiga jam. Dengan adanya dua KA Argo Parahyangan Excellent ini, total KAI mengoperasikan 34 jadwal KA Argo Parahyangan untuk kenyamanan pelanggan," ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Pusdiklat PT KAI, Jalan Laswi, Bandung, Sabtu (28/9).

Kereta tersebut akan beroperasi mulai 1 Oktober 2019 dengan tarif Rp 150 ribu untuk kelas eksekutif. Sedangkan, untuk kelas premium memiliki tarif sebesar Rp 110 ribu. Saat ini, ungkap Edi, pengguna layanan kereta api perjalanan Jakarta-Bandung terus meningkat. Sebelum nya, PT KAI hanya menyediakan delapan kereta per hari, kini pihaknya menyediakan 17 kereta per hari.

"Itu pun masih banyak masyarakat yang belum mendapat tiket. Kami berharap secepatnya kereta ini bisa masuk dan membantu angkutan masyarakat," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik keberadaan berbagai jenis kereta dalam satu rute seperti Bandung ke Jakarta. Menurut dia, masyarakat memang mem butuhhan variasi tersebut.

Diversifikasi ini justru membuat konsumen lebih tertarik ketika ingin menggunakan moda kereta api. Mereka bisa memilih sesuai dengan keinginan apakah akan memakai kereta yang ekonomi, premium, atau bisa juga eksekutif.

Budi menyatakan, pemerintah ingin menjadikan kereta api sebagai salah satu transportasi yang diminati masyarakat untuk bepergian. Budi berharap, dengan adanya berbagai layanan kereta api ini akan semakin banyak masyarakat menggunakan moda transportasi ini. "Indonesia ingin menjadikan kereta api angkutan utama baik di perkotaan maupun an takota," ujar Budi.

photo
KA Argo Parahiyangan

Tempat menunggu
Budi juga mengimbau PT KAI bisa menyediakan tempat yang seru di setiap persimpangan atau tempat menunggu para pengguna kereta api. Budi berharap tempat menunggu penumpang itu dijadikan tempat lebih menarik dengan menyediakan beragam alat bermain.

Dengan begitu, anak-anak bisa senang ketika bepergian bersama keluarga. "Saya titip itu, perbanyak tempat menarik di stasiun maupun di dalam kereta api," katanya.

Selain itu, kata dia, PT KAI juga harus terus meningkatkan kualitas karena ekspektasi masyarakat pada kereta api tinggi sekali. Budi mencontohkan jumlah pengguna commuter line di Jakarta mencapai jutaan orang.

Bahkan, setiap hari sekarang banyak orang yang menggunakan kereta dari Jakarta ke Bandung atau Jakarta ke Surabaya. "Ini artinya penggunaan kereta api luar biasa," katanya. (arie lukihardianti/antara ed: endah hapsari)

Berita Terkait

Berita Lainnya

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

59 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
transboy5 20 October 2019 | 14:52:24

alhamdulillah nih jadi lebih cepat lagi kalau naik kereta dari jakarta ke bandung atau sebaliknya

toxic yes 20 October 2019 | 00:47:19

mantabbb bisa semakin ngurangi waktu nih

sandy sigit 19 October 2019 | 21:35:13

transportasi alternatif jika ingin ke Bandung

DHStyle 19 October 2019 | 16:21:08

bisa sering sering kebandung nihh kayaknya mahh

Asal UPLOAD 16 October 2019 | 09:18:58

alhamdulillah untuk yg sering ke Bandung - Jakarta jadi lebih cepat sampai

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top