Kemenpar Siapkan Pedoman Wisata Halal di Indonesia

27 June 2019 by
Kemenpar Siapkan Pedoman Wisata Halal di Indonesia

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Kemenpar segera menyusun dan menyiapkan pedoman wisata halal yang akan menjadi panduan bagi pengembangan pariwisata berstandar halal. Hal ini untuk mendukung pertumbuhan wisata halal di Indonesia. 

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan pedoman wisata halal akan meliputi empat bidang: destinasi, pemasaran, industri, dan kelembagaan.

Dalam penyusunan panduan, Kemenpar mengacu pada standar terbaik wisata dunia. "Kita harus mengikuti strategi umum seperti pelayanan dan harga terbaik dan berlaku di dunia," tambah Arief.

Baca juga: 6 Kota di Dunia yang Ramah Bagi Penyuka Gowes

Lebih lanjut mengenai standar layanan pariwisata, Arief menjelaskan pentingnya sertifikasi pariwisata halal bagi pelaku dan produk pariwisata. Sertifikasi dapat dijadikan sebagai jaminan halal bagi produk pariwisata yang diproduksi oleh para pengusaha. 

"Untuk langkah awal ada empat bidang usaha yang akan disertifikasi yakni kuliner, hotel, biro perjalanan, dan spa. Sebaiknya para pelaku usaha tidak ragu untuk melakukan sertifikasi bagi bidang usahanya karena dengan demikian ada jaminan produknya halal dan sesuai dengan standar," ujar Arief. 

Baca juga: 5 Fakta Wisata Halal Indonesia

Potensi pawisata halal di Indonesia dinilainya besar, namun pencapaiannya belum optimal. Belum banyak daerah yang menjadikan wisata halal sebagai ciri khas wisata. Salah satu daerah yang sudah menerapkan wisata halal adalah Lombok. 

"Kita masyarakat Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Terkadang ada anggapan pelaksanaan sertifikasi tidak berguna, padahal di situlah kita menerapkan standar yang juga mendorong pihak lain untuk meningkatkan kualitas secara bersamaan," kata Arief.

Di Indonesia, kedatangan wisman halal mencapai 20% dan akan terus ditingkatkan. Kalau dibandingkan dengan negara tetangga, Singapura, angka kedatangan wisman halalnya lebih dari 20%. 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

364 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
jarcoks skr 07 September 2019 | 15:40:02

semuanya itu harus sesuai pedoman

tsel 28 August 2019 | 09:07:50

semoga tempat wisata ini bisa dikembangkan

꧁yus꧂ 27 August 2019 | 07:12:59

gak ada salahnya itu semua namanya juga lagi berusaha halal

Yeti Saniati 23 August 2019 | 11:24:29

semoga aja tempat wisata itu bisa lebih di kembangkan lagi

trie 22 August 2019 | 12:05:08

sangat diperlukan itu halal atau haram oke

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top