Kalau Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kota Ini, Wisatanya Gak Kalah Indah

30 April 2019 by
Kalau Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kota Ini, Wisatanya <i>Gak</i> Kalah Indah

Pulau Karampuang di Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Travelingyuk.com)

Uzone.id - Presiden Jokowi berencana memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke luar Pulau Jawa. Mengutip CNN Indonesia, hal itu merupakan respons atas pemaparan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat rapat terbatas tentang 'Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota'.

Seperti yang sudah disampaikan di sini, ada tiga alternatif kota yang diusulkan. Namun, Jokowi telah memberikan sinyal ingin memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa. Ia mengatakan bahwa total penduduk di Pulau Jawa sudah mencapai 57 persen, sementara itu di luar Pulau Jawa masih kecil.

Baca juga: 5 Tips Mengajukan Visa ke Korea Selatan

Usulan pemindahan ibu kota Indonesia dari DKI Jakarta ke lokasi lainnya sebenarnya telah didiskusikan sejak masa Presiden Soekarno. Ada beberapa alternatif wilayah untuk ibu kota baru Indonesia, yaitu Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Pontianak (Kalimantan Barat), Balikpapan atau Samarinda (Kalimantan Timur), Palembang (Sumatera Selatan), Mamuju (Sulawesi Barat), dan Lampung.

Meski belum diketahui pasti, gak ada salahnya mengenal wisata alam yang ada di sembilan calon ibu kota baru Indonesia.

Baca juga: 5 Fakta Wajib Tahu Sebelum Solo Traveling ke Korea Selatan

Pantai Ujung Pandaran di Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Salah satu wisata alam yang ada di Palangkaraya, yaitu Pantai Ujung Pandaran. Pantai ini berada di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit. Letaknya sekitar 80 kilometer dari Sampit, ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pantai Ujung Pandaran menghadap ke Laut Jawa. Pantai dengan pemandangan matahari terbenamyang indah ini selalu ramai di musim liburan.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Pesawat Mendarat Darurat

Pasar Terapung Lok Baintan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Pasar Terapung Lok Baintan adalah yang destinasi wisata alam yang terkenal. Selain dapat menyusuri Sungai Martapura, kamu juga bisa berbelanja menggunakan kelotok alias perahu bermotor. Para pedagang pun menjajakan beragam hasil pertanian, perkebunan, dan kue memakai kelotok.

Riam Batu Susun di Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak memiliki Riam Batu Susun. Air terjun yang ada di Kabupaten Bengkayang ini memang tidak terlalu tinggi. Tapi, ia memiliki bebatuan yang tersusun rapi. Di sini, kamu bisa puas bermain air atau duduk santai sambil melihat keindahan air terjun.

Pantai Melawai di Balikpapan, Kalimantan Timur

Pantai Melawai memiliki pemandangan matahari terbenam yang mempesona. Konon, pantai ini juga merupakan tempat pertama pengeboran minyak di Indonesia.

Pantai ini juga dimanfaatkan untuk pelabuhan kapal-kapal besar yang mengangkut minyak. Serunya, ada tempat makan yang menyediakan makanan khas Balikpapan di sekitar pantai.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam di Lampung Barat

Pulau Beras Basah di Samarinda, Kalimantan Timur

Liburan kamu ke Samarinda, Kalimantan Timur akan semakin lengkap kalau kamu berkunjung ke Pulau Beras Basah. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pinggir pulau yang dikelilingi pasir putih.

Air Terjun Maung di Palembang, Sumatera Selatan

Air Terjun Maung memiliki air yang jernih. Karena itu, air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga setempat. Mendekati area air terjun, kamu bakal melihat pemandangan kebun kopi dan hutan. Medan yang dilalui pun cukup curam. Kamu harus berhati-hati kalau ingin pergi ke Air Terjun Maung.

Baca juga: Potret Gili Trawangan Hampir Setahun Pasca-gempa

Pulau Karampuang di Mamuju, Sulawesi Barat

Mamuju merupakan kabupaten yang berada di Sulawesi Barat. Mamuju memiliki bentang alam yang indah. Di sini bertebaran pantai yang cantik. Ada pula yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Pulau Karampuang. Pulau Karampuang terletak gak jauh dari pusat kota, hanya  20 menit menggunakan perahu atau kapal.

Pulau Pisang di Lampung

Pulau Pisang menyuguhkan pantai berpasir putih dan halus. Banyak wisatawan yang datang ke Pulau Pisang untuk berselancar, berenang, snorkeling, atau bahkan melihat lumba-lumba.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

520 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Alexander 24 August 2019 | 16:05:22

agar devisa negara meningkat maka perlu ditingkatkan pariwisatanya.

Ayumi Syantika 24 August 2019 | 14:21:40

ini mau wisata apa mau buat ibukota sih

arif arif 24 August 2019 | 13:44:44

indah banget nih mah yak wisata nya

Muhamad 24 August 2019 | 13:30:49

indah banget nih mah yak euy wisata nya

syad_ piss 24 August 2019 | 13:15:04

wow keren banget jd nya kepariwisaan nya jd meningkat

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top