Jangan Pamer Boarding Pass Pesawat di Medsos, Bahaya!

28 January 2019 by
Jangan Pamer <i>Boarding Pass</i> Pesawat di Medsos, Bahaya!

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Ayo jujur, saat liburan naik pesawat, apakah kamu pernah mengunggah foto boarding pass di media sosial? Jika pernah, kamu tidak boleh melakukannya lagi, ya.

Mengutip Travel Wire Asia, menggunggah foto boarding pass pesawat di media sosial adalah tindakan konyol dan membahayakan.

Mengapa? Boarding pass berisi data pribadi kamu. Di situ tercantum nama lengkap kamu, maskapai penerbangan, tujuan, waktu penerbangan, kode penerbangan, dan nomor kursi.

Baca juga: Liburan ke Tempat Dingin Terancam Hipotermia, Ini Gejalanya

Bahkan, Travel Wire Asia mengungkapkan bahwa boarding pass pesawat memiliki lebih banyak informasi dari yang kamu kira. Semua itu terdapat di barcode dan QR code atau kode yang terdiri dari enam digit.

Kamu mungkin tidak tahu apa arti garis, pola, atau angka yang tercantum di boarding pass. Tapi di sana ada data-data tentang kamu. Dan barcode serta QR code itu dapat dengan mudah didekodekan dengan decoder umum.

Dengan kata lain, jika kamu mengunggah foto boarding pass pesawat, peretas dapat menemukan passenger name record (PNR) melalui kode yang terdiri dari enam digit di boarding pass.

Baca juga: Wow, Ada Pasir Timbul di Tengah Laut Flores Timur

Peretas identitas dapat dengan mudah menggunakan informasi tersebut untuk masuk ke akun kamu di situs web maskapai dan mendapatkan informasi penerbangan kamu.

Bukan hanya itu, peretas juga bisa mengubah penerbangan kamu, membatalkan, melacak catatan penerbangan, bahkan mendapatkan alamat rumah kamu. Ini dapat dengan mudah digunakan sebagai senjata untuk memeras kamu atau orang terdekat kamu.

Baca juga: Singapura Bikin Taman Niat Banget, Nih 5 Rekomendasinya

Lebih buruk lagi jika nomor kartu kredit kamu juga terhubung dengan frequent flyer account. Jika kamu ingin melindungi diri sendiri dari tindak kejahatan, jangan mengunggah foto boarding pass pesawat di media sosial. Ada cara yang lebih aman untuk pamer kalau kamu sedang vakansi ke Dubai, kok.

Selain itu, kamu harus menyobek dan membuang boarding pass pesawat setelah digunakan. Lagi-lagi, ini demi keamanan kamu.

Apa Reaksi Anda ?

Love
50%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
50%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

3746 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Muhamad Yaser 07 March 2019 | 14:02:31

jagan pamer boarding pass pesawat di medsos

Yusuf Baharudin 04 March 2019 | 10:58:06

mungkin sih bahaya, takutnya boarding pass nya di ambil orang

Abdul Halim 26 February 2019 | 09:15:21

pidato bahaya pamer boarding saat di pesawat

Galih Barokah 26 February 2019 | 00:26:43

terimakasih atas informasi yang diberikan

Tedi Setiawand 25 February 2019 | 18:49:42

kata nya bahya posting di medsos ko ini juga posting juga

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top