Ikuti Cara Naik Pesawat Pertama Kali Ini Biar Perjalanan Mudikmu Lancar

13 May 2019 by
Ikuti Cara Naik Pesawat Pertama Kali Ini Biar Perjalanan Mudikmu Lancar

 

Naik pesawat mungkin bukan hal baru untuk sebagian orang. Namun, mungkin itu hal yang menakutkan dan bikin grogi buat sebagian orang. Terutama kamu yang belum tahu cara naik pesawat pertama kali sama sekali. Saat mudik nanti berencana naik pesawat? Jangan bingung, ada panduannya nih!

Cara naik pesawat pertama kali yang bakal berguna buat newbie

Nggak perlu malu, siapapun pasti harus mengalami yang namanya momen pertama kali sebelum jadi berpengalaman. Buat yang harus naik pesawat pertama kali dalam waktu dekat, baca tips berikut yuk biar perjalanan mudikmu nggak clueless dan bingung saat di tengah perjalanan.

Barang yang boleh dan nggak boleh dibawa

tips naik pesawat pertama kali
www.instagram.com

Beberapa maskapai sangat ketat dengan barang-barang apa saja yang boleh dan nggak boleh dibawa. Pada umumnya, kamu nggak diperbolehkan membawa cairan lebih dari 100 ml. Selain itu, benda-benda yang berbau menyengat. Ini adalah cara naik pesawat paling basic.

Jika kamu ada niatan untuk membawa buah atau sayur eksotis macam durian, nangka, petai, dan jengkol di pengalaman naik pesawat pertama kali ini, alangkah baiknya diurungkan saja. Bisa-bisa kamu gagal terbang karena bawaan ini, guys.

Ada dua jenis bagasi dalam pesawat

tips naik pesawat pertama kali
www.instagram.com

Pertama adalah bagasi kabin. Ini adalah barang yang kamu bawa selama kamu berada di kabin atau biasa pula disebut dengan handcarry. Biasanya, kamu menempatkan barang-barang penting di situ, seperti dokumen, dompet, dan gawai.

Sementara bagasi lainnya disebut sebagai bagasi utama. Bagasi ini biasanya akan didaftarkan saat kamu check in. Beberapa penerbangan membebaskan bea bagasi ini dengan limit muatan. Jika lebih dari limit yang ditentukan, kamu diwajibkan membayar biaya tambahan.

Cek berat bagasi yang kamu bawa dan jangan sampai melebihi batas maksimum

tips naik pesawat pertama kali
unsplash.com

Nggak mau 'kan harus bayar tambahan bagasi di bandara yang harganya bisa meningkat dua kali lipat? Kalau memang harus membawa bagasi yang melebihi batas maksimum, usahakan untuk booking tambahan bagasi jauh-jauh hari untuk dapat harga yang lebih murah. Cara aman naik pesawat ini bakal menghemat budget-mu.

Biasanya, pesawat hanya membolehkan penumpang membawa muatan sebesar 15 kg per orang untuk dimasukan dalam bagasi dalam penerbangan domestik. Sementara untuk bagasi kabin, biasanya maksimal dibatasi 7 kg. Untuk itu, pertimbangkan lagi barang apa yang sebaiknya kamu bawa atau lebih baik ditinggal.

Masukan benda-benda berlogam dalam tasmu saat melewati pintu pemeriksaan

tips naik pesawat pertama kali
unsplash.com

Untuk masuk ke bandara, kamu akan melewati serangkaian gerbang pemeriksaan. Biasanya kamu harus menaruh barang bawaamu dalam scanner. Kamu pun harus melewati mesin pemindai yang akan berbunyi jika kamu mengenakan atau membawa barang dengan muatan logam.

Untuk itu saat masuk ke bandara, pastikan kamu tidak lagi mengantongi ponsel dan melepas ikat pinggangmu. Masukan benda berlogam ke dalam tas agar aman dan jauh dari kata hilang atau tertinggal di gerbang pemeriksaan. Jangan sampai menyepelekan cara naik pesawat pertama kali ini pokoknya!

Peralatan mandi dan kosmetik dimasukan ke dalam wadah transparan

tips naik pesawat pertama kali
www.instagram.com

Jika peralatan mandi dan kosmetik kamu masukan dalam tas handcarry, pastikan untuk meletakkannya dalam wadah transparan. Usahakan jangan ada cairan yang terlalu banyak. Beli kosmetik atau produk mandi yang berukuran kecil.

Bisa juga dimasukan ke dalam wadah kecil sesuai kebutuhan untuk menghindari penyitaan. Masukan dalam wadah transparan agar saat dipindai bisa terlihat jelas bahwa kamu tidak membawa barang yang mencurigakan. Sebuah cara aman naik pesawat buat yang pertama kali, 'kan!

Cek itinerary dengan benar dan seksama

tips naik pesawat pertama kali
www.instagram.com

Seringkali, orang akan mendarat di bandara yang salah atau tidak menyangka kalau jadwal penerbangan transit yang berjarak dekat. Untuk itu, kamu harus memastikan tempat dan waktu mendarat yang benar-benar pas.

Perhitungkan waktu dengan tepat. Pilih jadwal pesawat yang nggak terlalu mepet. Biar kamu nggak harus menanggung risiko ketinggalan di penerbangan berikutnya.

Tunggu penerbangan di dekat gate keberangkatan

tips naik pesawat pertama kali
unsplash.com

Setelah melewati gerbang pemeriksaan, langsunglah menuju gate keberangkatan. Tunggulah di sekitar gate tersebut dan pastikan kamu mendengarkan setiap pengumuman. Siapa tahu gerbang keberangkatanmu dipindah ke gate lain.

Kalau harus bepergian sendiri di pengalaman naik pesawat untuk pertama kali, mawas diri dan selalu jeli mendengar informasi itu penting. Jangan terlalu asik dengan gawaimu sendiri. Catat dan ingat cara naik pesawat pertama ini baik-baik.

Etika selama di pesawat

tips naik pesawat pertama kali
unsplash.com

Sesampai di pesawat, langsunglah menuju kursi yang tertera di tiket. Taruh tasmu di bagasi kabin agar tak mengganggu penumpang lain. Bawa barang yang kamu butuhkan di dekatmu seperti ponsel atau buku. Matikan sinyal ponsel dalam airplane mode, pakailah sabuk pengaman dan nikmati hiburan yang ada di depanmu.

Tetap kenakan sabuk pengaman selama proses take-off. Akan ada tanda boleh melepas sabuk pengaman yang berarti kamu sudah bisa menuju ke kamar mandi. Tanda penggunaan sabuk pengaman akan menyala lagi ketika pesawat akan mendarat. Penting banget cara naik pesawat ini!

Segala hal yang pertama pasti bikin grogi sampai insomnia. Termasuk saat akan naik pesawat untuk pertama kali. Namun, tetaplah percaya diri dan ingat-ingat tips di atas. Niscaya momen pertamamu ini akan bebas dari rasa tengsin dengan mengikuti cara naik pesawat pertama kali ini!

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

269 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Kotep Arep 22 May 2019 | 10:53:32

tali kalau naik pesawat bisuannya sangat mahal

nda 21 May 2019 | 23:18:42

Makin nyaman ketika menikmati keindahan tebing breksi

Anggita 21 May 2019 | 07:29:27

Makin nyaman ketika menikmati keindahan tebing breksi

Ratna 21 May 2019 | 07:21:12

Tapi kok malah kelihatan panas ya tempatnya

Tukik Argapit 20 May 2019 | 16:29:31

harus persiyapan yg sangat bagus biar lacar

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top