Harga Tiket Pesawat Tak Bisa Turun Signifikan di Masa Mudik Lebaran

31 May 2019 by
Harga Tiket Pesawat Tak Bisa Turun Signifikan di Masa Mudik Lebaran

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir menyatakan bahwa untuk menurunkan harga tiket pesawat secara signifikan pada masa mudik lebaran dinilai sulit.

Pasalnya, harga avtur secara global masih tinggi. Sedangkan avtur merupakan komponen terbesar pembentukan tarif pesawat. Menurut Iskandar, fenomena naiknya tarif pesawat tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di beberapa negara. "Di Italia juga mengalami hal yang sama, kuncinya avtur, karena komponen harga mayoritas kan avtur," ujarnya, di Jakarta, Jumat (31/5).

Adapun Pemerintah saat ini masih menghitung dampak naiknya tarif pesawat terhadap pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. Namun, ia mengatakan bahwa tidak ada inflasi yang disebabkan oleh hal itu. Iskandar juga memastikan bahwa sejak 30 Mei 2019 sudah ada beberapa maskapai yang menurunkan tarif pesawat antara Rp 100-200 ribu.

"Angkutan udara itu menurun dibandingkan triwulan I tahun lalu. Tapi kami belum sampai pada kesimpulan dampaknya seperti apa," ujarnya.

(Baca: Kemenhub Pastikan Tak Ada Pelanggaran Tarif Batas Atas Pesawat)

Sebelumnya, beredar viral di media online dan media sosial, harga tiket pesawat rute Bandung menuju Medan yang mencapai Rp 21 juta pergi pulang karena dalam rute tersebut penumpang harus beberapa kali transit. Rute penerbangan tersebut merupakan hasil pencarian di Traveloka untuk perjalanan tanggal 31 Mei 2019.

Katadata juga coba mencari tiket rute serupa dengan jadwal perjalanan pergi 31 Mei dan pulang tanggal 6 Juni di Traveloka, dan rute tersebut sudah tak dapat ditemukan. Sebagai perbandingan, Katadata coba mencari tiket untuk rute yang sama pada rute Jakarta-Medan.

Katadata pun berhasil menemukan tiket dengan harga Rp 5,7 juta. Apabila dirinci, perjalanan menggunakan Lion Air dengan transit di Kuala Lumpur (KL). Dari KL, pemudik menggunakan Batik Air menuju Medan dengan total biaya dari Jakarta mencapai Rp 3,92 juta. Untuk perjalanan kembali menggunakan penerbangan langsung Lion Air dengan tarif Rp 1,78 juta.

Sedangkan untuk tiket Jakarta - Surabaya dengan tanggal yang sama masih ditemukan tiket dengan tatif termurah Rp 2,51 juta. Jika dirinci, tiket pergi menggunakan Batik Air dengan biaya Rp 1,3 juta, sedangkan kembali dengan Citilink dengan harga Rp 1,18 juta.

(Baca: AirAsia Tambah Satu Armada untuk Hadapi Puncak Mudik Lebaran)

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

489 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Putut Budi 23 July 2019 | 01:41:08

Semoga pemerintah dapat menyikapi polemik ini yak

Siti Komah 22 July 2019 | 01:52:19

yakinkah pemerintah dapat menyikapi polemik ini yak gaes

gugun wetan 21 July 2019 | 19:25:22

Semoga pemerintah dapat menyikapi polemik ini yak gaes. semoga..

21 July 2019 | 17:06:00

kalau sampe kayak gini ya berlebihan amat kalao gak turun

New Found 21 July 2019 | 02:03:11

Semoga pemerintah dapat menyikapi polemik ini yak gaes

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top