Green Canyon, Sepotong Surga di Kabupaten Pangandaran

26 November 2018 by
Green Canyon, Sepotong Surga di Kabupaten Pangandaran

(Green Canyon di Pangandaran/Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran)

Uzone.id - Green Canyon tidak hanya ada di Amerika Serikat. Indonesia juga memiliki Green Canyon yang terletak di Pangandaran, Jawa Barat.

Mengutip Wonderful Indonesia, awalnya, Green Canyon disebut Cukang Taneuh yang artinya jembatan tanah. Green Canyon diyakini sebagai julukan dari seorang turis asal Perancis yang datang ke lokasi ini pada 1993.

Green Canyon sedang populer di kalangan wisatawan, karena memiliki keindahan yang khas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Baca: Taman Nasional Bunaken, Tempat Melarikan Diri dari Kota

Ketika kamu tiba di pintu masuk utama, yang merupakan tempat parkir, kamu akan melihat banyak perahu kayu yang disebut Ketinting berbaris di tepi sungai.

Ketinting akan membawa kamu menelusuri sungai. Dari perahu, kamu bisa melihat pepohonan di tepi sungai. Kadang ada ular atau kadal melompat atau hendak naik ke permukaan. Begitu perahu melaju agak jauh, kamu akan melihat tebing batu tinggi di kedua sisi sungai.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Green Canyon terbentuk karena erosi tanah akibat aliran Sungai Cijulang.

Selama jutaan tahun, aliran sungai tersebut menembus gua serta membentuk stalaktit dan stalagmit yang mempesona. Ada pula tebing batu tinggi yang berdiri di kedua sisi sungai.

Lumut dan pohon hijau yang tumbuh di kedua tebing batu semakin menyempurnakan pemandangan. Aliran sungai yang jernih membuat kamu semakin betah berlama-lama di sini.

Baca: 5 Air Terjun Menawan di Garut

Karena itu, kamu perlu meluangkan waktu untuk berlibur Green Canyon di Pangandaran, setidaknya sekali dalam hidup.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini. Pertama, kamu bisa berperahu menyusuri sungai. Kedua, kamu dapat menikmati semi body rafting dengan menggunakan baju pelampung dan dipandu tour guide setempat.

Selain itu, kamu bisa full body rafting dari Goa Bau di hulu sungai Green Canyon sampai ke Batu Payung. Memancing di sekitar sungai juga menyenangkan.

Baca: Walt Disney World Bakal Bikin 'Roller Coaster' Bertema 'Guardian of the Galaxy'

Kalau berencana pergi ke Pangandaran, kamu harus meluangkan waktu untuk datang ke Green Canyon. Orang-orang yang pernah berlibur ke sini menggambarkan tempat ini sebagai “sepotong surga di Bumi”.

Mengutip Wonderful Indonesia, untuk bisa sampai ke Green Canyon, kamu bisa menempuh perjalanan ke Pangandaran. Dari Terminal Pangandaran, kamu bisa naik kendaraan umum menuju Terminal Cijulang. Perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek menuju Green Canyon.

Apa Reaksi Anda ?

Love
90%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
10%

Sedih

Angry
0%

Marah

988 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
lia 11 May 2019 | 09:25:09

wah indonesia luar biasa indah banget alami

Muhamad 24 April 2019 | 18:08:16

kapan ya bisa kesana belum ada waktu libur

23 April 2019 | 18:29:37

indonesia dengan kekayaan alam dan destinasi yang sangat luar biasa ..

Dini Kurniawati 26 February 2019 | 18:13:00

kalo mau kesana harus pagi biar gak antri naek perahunya.

Aditya Zahwa 25 February 2019 | 15:57:49

pangandaran canyon sepotong kabupaten green surga

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top