home ×
Travel

Erupsi Gunung Agung dan Keajaiban di Pura Besakih

03 July 2018 By
Erupsi Gunung Agung dan Keajaiban di Pura Besakih
Uzone

Uzone.id - Pura Besakih seperti tidak dapat terpisahkan dari Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali. Saat membicarakan tentang Pura Besakih, banyak orang juga turut menceritakan tentang Gunung Agung. Masyarakat sekitar kerap menyebut Pura Besakih sebagai Pura Agung Besakih.

Secara fisiologis, keberadaan Pura Besakih memang masih berhubungan dengan Gunung Agung. Menurut situs Pesona Indonesia, Gunung Agung dipercaya sebagai pusat persemayaman arwah leluhur dan para dewa yang menjadi utusan Sang Hyang Widi untuk mengajarkan Hindu Dharma di Bali.

Karena itu, pada masa peradaban Bali kuno, masyarakat setempat mendirikan bangunan suci untuk memuja para dewa tepat di kaki Gunung Agung. Masih dari sumber yang sama, di kawasan Pura Besakih, terdapat satu pura utama bernama Pura Penataran Agung Besakih. Lantas, ada 18 pura pendamping yang berdiri di sekeliling pura utama.

Baca: Gunung Agung Meletus di Malam Hari, Terlihat Cantik namun Mematikan

Karena itu, Pura Besakih menjadi pura terbesar di Pulau Dewata. Pura Besakih juga kerap menjadi pusat peribadatan hari besar agama Hindu.

Menariknya, Pura Besakih selalu selamat dari beberapa kali letusan Gunung Agung. Bahkan ketika terjadi erupsi yang cukup dashyat pada 1963, Pura Besakih tetap baik-baik saja.

Aliran awan panas dan lahar seakan-akan menghindari pura yang menjadi salah satu destinasi wisata religi di Bali ini. Padahal, desa-desa di sekitarnya hancur.

Hal ini telah menjadi legenda dari Pura Besakih. Berdasarkan sebuah publikasi di Bali.com, masyarakat setempat percaya bahwa para dewa menunjukkan kekuatan sejati mereka tanpa menghancurkan pura yang suci.

Baca: Taman Wisata Gunung Pancar, Objek Tamasya Kekinian di Bogor

Sementara itu, tulisan Benteng Alam Pelindung Pura Besakih di Kompas.com mengungkapkan fakta ilmiah di balik legenda tersebut.

Dalam tulisan tersebut, Kama Kusumadinata, vulkanolog Direktorat Geologi Bandung yang berada di Bali selama erupsi Gunung Agung 1963, mengatakan, pura berada 6,5 kilometer dari kawah.

Menurut Kama, itu merupakan jarak aman karena berada di luar jari-jari zona rawan bahaya 5 kilometer pada 1963 dan 6 kilometer pada peta kawasan rawan bencana saat ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

770 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Code ERROR 404 17 October 2019 | 20:35:38

memang nya keajaiban yang kaya gimana

DimasHardstyle 16 October 2019 | 10:57:04

bali memang selalu di penuhi dengan keindahan yaa

Veky Ustrada58 08 October 2019 | 07:03:25

Bali memang selalu dipenuhi dengan keindahan

اُحِبُّكَ فِيْ اَيِّ كَانَ 05 September 2019 | 19:56:41

wah kalau begitu buat liburan ditutup dulu

Randy Hermawan 24 July 2019 | 08:33:58

salah satu gunung terindah nih menurut gue selain bromo

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article