Dibahas Presiden Jokowi di Instagram, Apa Menariknya Umbul Ponggok?

28 November 2018 by
Dibahas Presiden Jokowi di Instagram, Apa Menariknya Umbul Ponggok?

(Berpose di dalam air di Umbul Ponggok/Kumparan.com)

Uzone.id - Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah foto unik di Instagram. Foto tersebut menggambarkan anak muda yang mengendarai sepeda motor di dalam air dan beriringan dengan ikan-ikan. Coba tebak, apa nama tempat yang menyajikan pengalaman berpose unik itu?

Benar. Tempat itu bernama kolam wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Lantas, apa yang menarik dari Umbul Ponggok dan apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di sini?

Berasal dari mata air

Mengutip pernyataan Jokowi di akun Instagram-nya, Umbul Ponggok memang begitu jernih, karena berasal dari mata air. Kedalamannya sekitar dua meter dan airnya dingin dan segar.

Baca: 5 Rekomendasi Wisata Curug di Sukabumi, Wajib ke Sini Saat Akhir Pekan

Sejak 2015, dengan memanfaatkan Dana Desa, Desa Ponggok membangun fasilitas penunjang kolam wisata Umbul Ponggok, mulai dari jalan, sanitasi, drainase, toilet, sampai area parkir.

View this post on Instagram

Anak muda ini mengendarai sepeda motor di jalan berbatu dan beriringan dengan ikan-ikan. Beginilah gaya pengunjung kolam wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Mereka berfoto di bawah air. Umbul Ponggok memang begitu jernih karena dari mata air yang dibangun menjadi tempat wisata. Sejak tahun 2015, dengan memanfaatkan Dana Desa, pemerintah Desa Ponggok membangun infrastruktur penunjang pariwisata itu: jalan desa, sanitasi, drainase, MCK, sampai area parkir. Hasilnya? Desa Ponggok berubah menjadi sebuah desa yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dari pariwisata, Desa Ponggok kini bisa mendapatkan penghasilan sampai Rp14 miliar setahun. Saya mengajak desa-desa lain yang memiliki potensi serupa untuk belajar dan meniru apa yang dilakukan Desa Ponggok ini, apa pun keunggulan desanya.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Snorkeling di air tawar

Umbul Ponggok memiliki pemandangan bawah air yang khas. Di sini, kamu bisa berenang, snorkeling, atau menyelam. Kamu bisa melihat ikan-ikan yang biasa ada di sungai, seperti nila, mujair, bawal, dan lele.

Foto di dalam air dengan poperti unik

Di dalam kolam yang ada di Umbul Ponggok, kamu bisa berpose sambil mengendarai motor, bermain gitar, makan mie instan, dan lainnya. Tidak harus bisa berenang. Kamu hanya perlu berani menahan napas. Soal gaya dan cara memotret, ada petugas yang akan membantu kamu.

Baca: Syuting Drama Korea ‘Encounter’ di Kuba, Ini Kata Song Hye Kyo dan Park Bo Gum

Waktu pemotretan yang dianjurkan, yaitu jam tujuh sampai sembilan pagi, dan jam dua siang sampai empat sore.

Underwater prewedding

Umbul Ponggok juga menyediakan paket underwater prewedding. Untuk kamu yang mau bikin foto prewedding dengan konsep berbeda, langsung saja datang ke sini.

Baca: 5 Jembatan Paling Unik dan Bikin Lutut Gemetar di Dunia

Bisa sewa kamera

Untuk kamu yang tidak membawa kamera, jangan khawatir. Pengelola Umbul Ponggok menyediakan jasa penyewaan kamera dan properti foto di dalam air. 

Setiap sesi pemotretan, kamu harus selalu mematuhi peraturan demi keamanan. Sebelum menceburkan badan ke laut, kamu perlu pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari kram.

Apa Reaksi Anda ?

Love
40%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
40%

Kaget

Sad
20%

Sedih

Angry
0%

Marah

1619 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rizki VG 23 January 2019 | 19:16:08

untuk tempat wisata

Ryan Boyang 23 January 2019 | 15:21:43

ga terlalu dalam, Kedalamannya sekitar dua meter dan airnya dingin dan segar.

Mbejug khecil 23 January 2019 | 14:30:18

itu mah umbul ponggok yaa

heriyanto MBETI 23 January 2019 | 08:05:47

itu mah umbul ponggok

Sahid Gempeng 22 January 2019 | 12:58:39

wqh kren berkendara di dalam air

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top