Catat, Sulut Punya 3 Festival International Digelar Tahun Ini

25 April 2019 by
Catat, Sulut Punya 3 Festival International Digelar Tahun Ini

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Uzone.id - Memasuki 2019, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengelar 14 acara unggulan di 15 kota dan kabupaten. Tiga dari keseluruhan acara itu berskala internasional dan masuk dalam 100 Wonderful Event oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Ketiganya, yaitu Festival Pesona Bunaken, Tomohon International Flower Festival, dan Festival Pesona Selat Lembeh. Untuk Festival Pesona Bunaken, acara ini akan berlangsung di Manado pada 26-29 Juli 2019.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Indah di Sri Lanka

Festival Pesona Bunaken sebagai festival budaya tahun ini merupakan bentuk upaya melestarikan sumber daya alam bawah laut dan seni budaya di Pulau Bunaken, sehingga dapat memberikan jaminan keberlangsungan pariwisata setempat serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Pulau Bunaken seluas 8,08 km² di Teluk Manado merupakan bagian dari kota administratif Manado.

Sementara itu, Tomohon International Flower Festival akan berlangsung di Kota Tomohon pada 7-12 Agustus 2019. Event tahunan ini menampilkan kendaraan hias yang didekorasi menggunakan bunga khas Kota Tomohon dan daerah lainnya dalam berbagai bentuk dan variasi sesuai karakteristik masing-masing peserta. Kendaraan hias tersebut dinilai oleh tim pakar independen yang memiliki kompetisi di bidang florikultura.

Baca juga: Tips Amankan Diri Saat Liburanmu Terjebak Teror Bom

Lalu, Festival Pesona Selat Lembeh akan berlangsung di Satkamla, Kecamatan Aertembaga Kota Bitung, pada 6-10 Oktober 2019. Acara festival budaya ini dimeriahkan dengan sailing pass; lomba kapal hias, festival kuliner, pentas seni dan budaya, colar plantation, 10 K, dan thanksgiving. Tujuan dari penyelenggaraan Festival Pesona Selat Lembeh ini untuk mempromosikan potensi Kota Bitung umumnya dan Selat Lembeh khususnya.

Secara keseluruhan, ketiga acara itu bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sulut yang tahun 2017 lalu dikunjungi 1.866.000 wisnus dan 79.377 wisman.

Menurut Gubernur Olly Dondokambey, Sulut memiliki destinasi wisata bahari (marine tourism) sebagai produk wisata utama. “Terutama Bunaken sebagai marine tourism kelas dunia dan sudah menjadi icon pariwisata Kota Manado. Selain itu, destinasi wisata budaya dan ekowisata antara lain KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Tomohon–Tondano dan sekitarnya; Bunaken dan sekitarnya; serta Bitung-Lembeh dan sekitarnya sebagai supporting,” ujar Olly dalam siaran pers Kemenpar.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

501 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
aji pamungkas 17 May 2019 | 10:49:53

wahh pemandangan sejuk banget ya

Dhino Mar'vell 16 May 2019 | 15:21:51

wuih keren banget ini mah yabg mau ikutan bisa deh jni

wahyu siall 13 May 2019 | 14:36:52

G usah anggep nondy ngono y lagi

taram haryadi 13 May 2019 | 09:10:27

sulut memang mempunyai pemandangan yang indah

lia 07 May 2019 | 01:58:23

acara festival tahunan harus tetap di lestarikan karena itu sebuah adat istiadat kebudayaan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top