Bintan Lagoon Resort, ‘Taman Bermain’ Turis Asing

14 June 2019 by
Bintan Lagoon Resort, ‘Taman Bermain’ Turis Asing

Pantai di Bintan Lagoon Resort, Pulau Bintan. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)

Uzone.id - Selain Bali, Bintan juga menjadi pulau yang terkenal di kalangan turis. Jaraknya sangat dekat dengan Singapura adalah alasannya.

Hanya dibutuhkan 45-50 menit naik feri dari Tanah Merah Ferry Terminal, Singapura, ke Bintan. Turis bisa masuk melalui empat pelabuhan, yaitu Bintan Lagoon Resort, Bandar Bentan Telani, Tanjung Uban, dan Sri Bintan.

Ada satu yang menjadi pintu masuk turis terbanyak, yaitu Bintan Lagoon Resort.

Baca juga: Warung ‘Getok’ Harga Saat Liburan, Maklum atau Aji Mumpung?

Bintan Lagoon Resort sesungguhnya adalah penginapan di tepi laut. Pantai pasir putih di sekitarnya khusus untuk tamu Bintan Lagoon Resort. Nama pelabuhan itu diambil dari nama penginapan.

Bintan telah dikembangkan sebagai destinasi wisata olahraga. Pada ajang Bintan Triathlon 2019, mayoritas peserta adalah turis yang berasal dari Inggris, Perancis, New Zeland, Australia, Belanda, Singapura, dan China. Kalau tidak acara, ada turis berlibur ke Bintan.

Bintan Lagoon Resort di Pulau Bintan. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)

“Bukan hanya Bintan Lagoon Resort, tapi Kawasan Wisata Lagoi, ini ibarat halaman bermain beristirahat. Singapura menjadi penghubung turis mancanegara, ekspatriat yang bekerja di Singapura,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Wan Rudi Iskandar kepada Uzone.id.

Selain waktu tempuh yang singkat, jadwal perjalanan feri juga banyak. Wan mengatakan ada dua belas kali perjalanan per hari. “Pada Desember sampai Februari angina utara sudah kencang, jadi feri dialihkan ke Bandar Bentan Telani—yang juga berada di Kawasan Wisata Lagoi,” ujar Wan.

Baca juga: Catat, Kini Masuk ke Taj Mahal Bayar Lebih Mahal

Saat liburan, turis Eropa lebih suka menghabiskan waktu di penginapan, berenang di laut, mengunjungi ke hutan bakau, dan lainnya. Sedangkan turis China cenderung mengeksplorasi banyak destinasi wisata di Bintan.

Kalau memilih paket wisata empat hari tiga malam, turis China biasa menghabiskan semalam di Kawasan Wisata Lagoi, semalam di Pantai Trikora, dan semalam di Tanjung Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Seribu.

Pantai di Bintan Lagoon Resort, Pulau Bintan. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)

Berenang dan snorkeling di Pulau Mapur dan Pulau Suka menjadi satu aktivitas yang wajib ada saat turis China ke Bintan. Sebab, kebanyakan dari mereka berasal dari pegunungan dan perkotaan yang jarang ada laut.

Menurut Wan, kunjungan turis China ke Bintan sangat banyak. Wan mengatakan, “Di Bintan, setiap hari ada tamu dari China masuk sekitar seribuan orang, feri itu dia full booking, hotel itu dia full booking juga.”

Baca juga: 5 Fakta Wajib Tau Sebelum Liburan ke Pulau Bintan

Mereka juga masuk melalui Singapura. “Pertama dulu ada akses lewat Tanjung Pinang, dia pakai sistem sewa, tapi terakhir bandara Tanjung Pinang itu gak siap, akhirnya dia menggunakan jalur Singapura,” ungkap Wan.

Masyarakat setempat juga bisa berwisata di Kawasan Wisata Lagoi. Lagoi Bay adalah pantai pasir putih yang dibuka untuk umum. Pengunjung hanya perlu membayar parkir Rp 5 ribu per mobil. Di sini juga terdapat Treasure Bay Bintan, kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Tiket masuknya Rp 120 ribu untuk orang dewasa.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1095 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ahmad black 18 September 2019 | 22:41:58

banyak turis yg berkunjung dapat meningkat kan kualitas pantai

Ahmad black 18 September 2019 | 22:40:34

batu batu kecil cukup menghiasi pantai

Ahmad black 18 September 2019 | 22:39:27

bersih tanpa ada sampah

Ahmad black 18 September 2019 | 22:38:25

pas buat berwisata

Ahmad black 18 September 2019 | 22:37:23

pohon kelapa cukup banyak

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top