Ini Rangkaian Acara Ambon Extravaganza, Perhelatan Menuju Smart City

29 March 2019 by
Ini Rangkaian Acara Ambon Extravaganza, Perhelatan Menuju <i>Smart City</i>

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Uzone.id - Pemerintah Kota Ambon menyelenggarakan Ambon Extravaganza sepanjang Mei 2019. Acara ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat tentang aplikasi Ambon@ccess. Aplikasi ini merupakan upaya Pemerintah Kota Ambon menuju kota cerdas.

"Ajang Ambon Extravaganza kami harapkan dapat membawa masyarakat Kota Ambon pada tingkatan yang lebih tinggi di era digital ini," Syarif Hadler, wakil wali kota Pemerintah Kota Ambon dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Selain meningkakan perekonomian, Pemerintah Kota Ambon ingin memposisikan Kota Ambon sebagai destinasi unggulan di Timur Indonesia dengan mengangkat budaya dan seni agar lebih dikenal wisatawan domestik dan mancanegara.

Baca juga: Labuan Bajo Siap Tawarkan Wisata ala Pengembara

"Pemerintah Kota juga membantu mempersiapkan dan membentuk masyarakat Kota Ambon yang digital dan siap untuk berkompetisi untuk menuju Ambon Smart City," lanjutnya.

Sementara itu, Reza Valdo Maspaitella, Presiden Direktur Valdo Group, yang mengembangkan aplikasi Ambon@ccess mengatakan, “Ambon Extravaganza akan menjadi salah satu pagelaran budaya dan seni yang mengangkat nuansa Ambon dengan membawa ciri khas serta karakteristik tersendiri.”

Buat kamu yang penasaran dengan Ambon Extravaganza, berikut ini rangkaian acaranya.

Baca juga: 5 Fakta Seru tentang MRT Jakarta yang Harus Kamu Tahu!

Bulan Diskon Bombastis

Ada promosi paket wisata dan akomodasi Kota Ambon, great sale di pusat perbelanjaan di Kota Ambon selama satu bulan, pada Mei 2019.

Pattimura Photography Competition

Lomba fotografi bertema "Ambon's Hidden Treasures". Fotografer nasional dan international berkompetisi untuk membidik keindahan kota, alam, seni dan budaya Ambon dalam bidikan dan cerita penuh arti.

Masyarakat dan wisatawan Ambon diajak untuk berpartisipasi melakukan voting menggunakan aplikasi Ambon@ccess untuk pilihan foto-foto yang akan masuk dua puluh besar.

Baca juga: Pizza Hut di Indonesia Ternyata Sudah 35 Tahun

Lomba Perahu Manggurebe

Mengangkat Pesta Rakyat Ambon, yang dituangkan dalam bentuk lomba perahu besar tradisional di Selat Ambon.

Dalam Pesta Rakyat ini, masyarakat kampung akan menyajikan makanan khas Ambon. Wisatawan juga bisa menikmati alunan dari alat-alat musik tradisional khas Ambon yang sudah mulai terlupakan.

Pattimura Kabaresi Street Festival

Ini merupakan festival jalanan yang menampilkan tarian tradisional, musik-musik tradisional (menggunakan alat-alat musik tradisional Ambon yang terpendam).

Baca juga: Membandingkan Tiket MRT Malaysia, Jakarta dan Singapura, Mahal Mana?

Ada marching band anak-anak sekolah/TNI, parade pakaian tradisional Ambon, sepeda/becak/mobil hias tradisional, masakan tradisional, dan lainnya.

Ambon Young Enterpreneur Bootcamp

Penyelenggaraan workshop dan coaching untuk mempersiapkan dan membentuk entrepreneur muda asal Ambon menjadi masyarakat global yang siap bersaing di era transformasi digital.

Ambon Clean City Day

Menumbuhkan rasa cinta lingkungan dan menjunjung kebersihan kota Ambon dengan mengadakan bersih-bersih pantai dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Ada juga workshop mengenai recycling dan manfaat pengadaan air bersih.

Baca juga: Ini Roller Coaster Terpanjang, Tertinggi, dan Tercepat di Dunia, Berani Coba?

Dalam kesempatan ini, wisatawan dapat menyumbangkan pohon dan menanamnya di beberapa lokasi di Kota Ambon.

Lomba Sanggar Tari dan Lomba Menyanyi Tingkat Kota Ambon

Mengangkat talenta putra-putri Ambon di bidang tarian dan tarik suara yang telah lama terbenam.

Lomba ini merupakan salah satu ajang untuk membawa mereka ke tingkatan yang lebih tinggi dan menjadi inspirasi bagi masyarakat Ambon, Maluku, dan Indonesia, agar mereka bisa menjadi bagian dari masyarakat global yang memiliki jiwa persaingan yang besar.

Pattimura Music Festival

Ini merupakan puncak dari rangkaian acara Ambon Extravaganza. Ajang ini menampilkan pertunjukan musik dari berbagai genre oleh musisi musisi asal Ambon.

Baca juga: Belajar dari Masyarakat Luar Negeri, Ini Etika Naik MRT di Jakarta

Persembahan Festival musik ini akan dikemas dalam bentuk tematik cerita 'Pattimura Muda' yang siap menjadi bagian dari masyarakat global dan siap bertarung di era digital, dituangkan lewat musik untuk memposisikan Kota Ambon sebagai City of Music.

Untuk Informasi lebih lanjut terkait acara "Ambon Extravaganza", kamu dapat melihatnya di aplikasi Ambon@ccess yang dapat di unduh pada Google Play Store.

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

376 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Apa Aja 06 July 2019 | 08:53:27

keren kotanga demakin aku saja ya kalau

8555 28 May 2019 | 12:36:37

keren kotanya semakin aku saja ya kalau gini

lia 28 April 2019 | 22:53:15

wah smart cyti maksudnya kota pintar gitukah kaya apa ya pintarnya

Magma Fire7 26 April 2019 | 17:53:29

itu pantai? tapi indah sekali

Badai Samudra 23 April 2019 | 21:08:35

upaya pemerintah menuju kota cerdas

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top