9 Tips Traveling Saat Puasa, Anti Lemas dan Nggak Bikin Lelah

14 May 2019 by
9 Tips Traveling Saat Puasa, Anti Lemas dan Nggak Bikin Lelah

Bepergian bisa dilakukan kapan saja, bahkan saat Ramadan tiba. Supaya badan nggak lemas, tips traveling saat puasa ini perlu kamu ikuti, guys! Apalagi buat yang punya jadwal untuk mudik. Artinya kamu akan melakukan perjalanan saat berpuasa.

Dengan aktivitas yang bejibun, apakah kamu tetap bisa puasa atau tidak? Lalu, bagaimana dengan durasi puasa yang harus kamu jalani jika ada selisih waktu tempat asal dengan tempat tujuan beda jauh? Ibadahmu bisa tetap berjalan kok, asalkan ada niat yang kuat!

Tips traveling saat puasa ini nggak bakal bikin badan lemas

Supaya kegiatan dan puasa bisa berjalan lancar dalam waktu yang bersamaan, ada tips traveling saat puasa yang bisa kamu praktikkan di Ramadan kali ini. Jalan-jalan oke, kewajiban tetap lancar!

Pilih waktu yang pas, jadi kamu tak perlu puasa saat traveling

tips traveling saat puasa
unsplash.com

Cari waktu yang tepat untuk memulai perjalananmu. Tips tips traveling di bulan Ramadhan dimaksudkan supaya perjalananmu nggak terasa melelahkan. Bisa dimulai setelah berbuka hingga sebelum sahur.

Dengan begitu, kamu tak perlu meluangkan tenaga untuk berpuasa saat di perjalanan. Namun, tips ini hanya berlaku jika kamu melakukan perjalanan jarak pendek yang durasinya nggak lebih dari 8 jam, ya.

Jika dalam perjalanan ke luar negeri, ikuti dulu jam puasa di tempat asalmu

tips traveling saat puasa
www.instagram.com

Kamu tak perlu menyesuaikan jam buka di tempatmu mendarat saat bepergian ke luar negeri. Simpan waktu di tempat asalmu dan berbukalah saat sudah masuk waktu berbuka atau maghrib di negara asal kamu. Tips traveling saat puasa ini untuk mempermudah dan beradaptasi di minggu awal.

Cara ini bisa kamu lakukan di hari pertama ketika traveling ke luar negeri. Untuk hari berikutnya, kamu pun bisa mengikuti waktu bagian negara setempat untuk menentukan durasi puasamu.

Saat berada di negara yang punya jam puasa panjang, kamu bisa mengikuti jam puasa Mekah

tips traveling saat puasa
unsplash.com

Saat kamu berada di negara yang jam puasanya panjang dan berlangsung di musim panas, kamu tidak perlu berpuasa hingga 20 jam lebih. Kamu boleh kok mengikuti jam puasa di Makkah sebagai gantinya. Sebuah tips traveling di bulan Ramadan yang nggak menyusahkan, 'kan?

 

Bawa bekal untuk buka puasa atau sahur di jalan

tips traveling saat puasa
www.instagram.com

Saat kamu ragu bakal bisa sampai di tempat tujuan atau tidak, itu tandanya kamu harus menyiapkan bekal makanan sendiri untuk berbuka. Bisa juga untuk sahur jika memang waktunya tidak memungkinkan bagimu untuk sahur di tempat tujuan. Kalau bisa, jangan sampai skip sahur. Ini tips traveling saat puasa yang wajib diikuti.

Pilih menu bekalnya yang praktis, asal mengenyangkan perut. Roti, susu dan biskuit adalah beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Selain itu, jangan lupa bawa air minum. Penting agar kamu tidak dehidrasi dan tidak kehilangan konsentrasi.

Rencanakan perjalananmu dengan matang

tips traveling saat puasa
www.instagram.com

Pastikan barang bawaan serta agendamu tidak terlalu padat. Dalam keadaan puasa, energimu akan banyak terkuras nantinya. Boleh juga kamu tambahkan dengan riset tentang tempat ibadah terdekat serta restoran halal yang ada di sekitar lokasi tujuanmu.

Dengan begitu, sesampainya di sana kamu tidak perlu panik lagi, sudah ada panduan di tangan. Tips traveling di bulan Ramadhan ini juga bisa dipraktikkan di hari dan bulan biasanya.

Berbuka di tempat ibadah umum untuk rasakan sensasi Ramadan di tempat baru

tips traveling saat puasa
www.instagram.com

Salah satu tips traveling saat puasa yang akan terasa manfaatnya adalah pengalaman menikmatisensasi Ramadan di tempat baru. Jika ke luar negeri, rasanya nggak afdhol kalau kamu tidak mencoba menu makanan buka khas di sana. Kamu juga bisa mampir masjidnya. Di sana, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru.

Stock camilan di tasmu

tips traveling saat puasa
www.instagram.com

Bekal boleh lupa, tetapi kamu masih punya camilan di tas. Camilan bisa jadi pengganti makanan dan pengisi perut sementara saat kamu tak bisa menemukan tempat makan. Jika dua-duanya kelupaan, langsung saja pergi ke minimarket terdekat dan beli camilan untuk mengisi perutmu yang kosong sehabis puasa.

 

Sesuaikan dengan kemampuanmu

tips traveling saat puasa
unsplash.com

Dalam Islam, orang bepergian diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan menggantinya di hari lain. Jika rasanya kamu tak kuat karena banyaknya kegiatan yang harus dilakukan serta bingung menghitung durasi puasa yang tepat, kamu bisa menggantinya di hari lain. Tips traveling saat puasa ini disukai oleh banyak orang!

Hindari bepergian ke tempat yang medannya sulit

tips traveling saat puasa
unsplash.com

Saat berpuasa, hendaknya kamu juga menyadari bahwa energimu tidak akan seprima biasanya. Ini tips traveling di bulan Ramadhan yang harus diikuti: hindari melakukan perjalanan ke tempat dengan medan yang menantang. Bisa-bisa, kamu batal karena tak kuat dengan panas terik dan jalanan yang menanjak.

Tentunya, trekking melintasi bebatuan terjal atau mendaki gunung sangat tidak disarankan untuk dilakukan saat puasa. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan city tour yang lebih aman dan tidak terlalu menguras tenaga.

Tips traveling saat puasa di atas bersifat tentatif dan bisa disesuaikan dengan kemampuanmu sendiri. Ingat, jangan memaksakan diri sebab melakukan perjalanan. Jika dirasa tidak kuat, kamu bisa menggantinya dengan setelah Ramadan selesai nantinya.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
100%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

238 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Kpolan Dongson 13 June 2019 | 19:04:51

tips bagus buat yang suka traveling

Rian Saja 10 June 2019 | 06:43:40

gak bikin lelah sekali ini mah ya wow

i 08 June 2019 | 07:28:37

bagus bagus banget yah , jadi pengen berangkat juga

Iyan Saja 06 June 2019 | 06:48:03

waduh bikin lelah hilang ya ini mah wow

Lana Lani 03 June 2019 | 13:18:12

sebenarnya tergantung niatnya jugalah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top