9 Kuliner Enak Cirebon yang Siap Manjakan Lidahmu

04 May 2019 by
9 Kuliner Enak Cirebon yang Siap Manjakan Lidahmu

Perlu diketahui, kuliner Cirebon itu memiliki citarasa yang nggak kalah enak. Meski bukan kota metropolitan seperti Bandung, Cirebon bisa punya daya tarik yang tak kalah mentereng dibanding kota wisata lain. Cirebon bisa dibandingkan dengan Yogyakarta dan Solo yang kental dengan adat istiadat dan industri kreatifnya.

Saat mampir berlibur ke kota ini, tentu kamu akan butuh asupan gizi yang cukup, bukan? Tenang, Cirebon punya banyak sajian kuliner khas yang bakal bikin kangen setengah mati.

Docang, kependekan dari bodo dan kacang

kuliner enak di cirebon
www.instagram.com

Sekilas, makanan ini terlihat seperti lontong sayur dengan kuah santan dan cabe yang menggenangi piring. Sebenarnya, beberapa komposisinya cukup unik yaitu bodo alias oncom, tauge, kacang, dan lontong yang disiram kuah santan berwarna kemerahan. Rasanya gurih dan asin, cocok untuk makan malam atau sarapan.

Nasi Lengko, sekilas mirip gudeg nih

kuliner enak di cirebon
www.instagram.com

Penampilannya mirip dengan gudeg, apalagi konsistensi serta warna kuahnya. Namun, nasi lengko punya bumbu tersendiri yang mempengaruhi citarasanya. Komposisinya ada nasi putih, tauge, tempe, daun kucai, dan tahu orek.

Supaya rasanya lebih nendang, kemudian disiram bumbu kacang yang merupakan perpaduan beberapa rempah dan bumbu dapur seperti bawang dan kencur. Rasakan mantapnya di pagi hari, bikin semangat!

Nasi Jamblang, salah satu yang paling terkenal dari Cirebon

kuliner enak di cirebon
www.instagram.com

Nasi jamblang pada dasarnya adalah nasi dengan aneka lauk yang dibungkus dengan daun jati. Pilihan lauknya pun beragam. Ada tumis cumi, tempe, telur dadar, paru goreng, sambal, hingga dendeng.

Rasanya tentu sedap, apalagi disantap saat masih hangat. Banyak penjual nasi jamblang yang bisa kamu temui di Cirebon. Namun ada beberapa yang tak pernah sepi pembeli karena konsisten mempertahankan citarasa tempo dulu, Bahkan masih memasak lauknya dengan tungku kayu bakar.

 

Empal Gentong, hidangan tempo dulu yang nggak boleh terlewatkan

kuliner enak di cirebon
www.instagram.com

Empal adalah olahan daging sapi yang biasanya digoreng. Untuk hidangan empal gentong ini, daging yang sudah dicacah dan dipotong persegi panjang. Lalu, dihidangkan dengan kuah gurih asam yang khas citarasa Jawa Barat. Sekilas tampilannya mirip dengan gulai kambing, tetapi rasanya jelas beda jauh.

Mie Koclok, bukan mie kocok

kuliner enak di cirebon
www.instagram.com

Banyak yang menyamakan dua hidangan ini, padahal sebenarnya komposisinya cukup jauh berbeda. Mie koclok menggunakan kuah santan yang gurih dan warnanya tidak bening.

Mie yang digunakan mie kuning biasa, kemudian ditambahkan tauge dan suwiran daging ayam serta bawang goreng dan daun bawang di atasnya. Nikmat disantap saat malam hari untuk bikin hangat badanmu.

Teh Poci, sajian khas Pantura nih

www.instagram.com

Sajian ini tak hanya ada di Cirebon. Di beberapa daerah sekitar pantura seperti Tegal dan Pemalang pun memiliki menu ini di beberapa rumah makannya. Sesuai dengan namanya, teh akan disajikan dalam poci tanah liat, lengkap dengan sepasang cangkir tanah liatnya.

Rasa teh di sini sangat khas karena cenderung sepet. Namun, kamu bisa menambahkan gula batu untuk pemanis. Benar-benar sajian autentik Indonesia.

Tahu Gejrot, pedas manis asam jadi satu

kuliner enak di cirebon
www.instagram.com

Mungkin namanya sudah tak asing lagi di telingamu. Sudah banyak penjual makanan khas Jawa Barat ini di ibukota dan kota-kota lain di tanah air. Tahu gejrot terdiri dari potongan tahu yang disiram kuah asam manis dengan gula merah sebagai pemanisnya. Dilengkapi potongan cabai rawit, kudapan ini enak disantap siang dan sore hari.

 

Kerupuk Melarat, kerupuk pasir dengan saus khasnya yang enak

kuliner enak di cirebon
www.instagram.com

Kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat memang memiliki ragam makanan yang unik, salah satunya kerupuk. Ada jenis kerupuk melarat yang dibagi dalam berbagai tipe. Kerupuk mie dan kerupuk pasir misalnya.

Bahan dan rasa dari kedua kerupuk ini hampir mirip. Hanya saja bentuk dan warnanya berbeda. Untuk menikmatinya kamu bisa menyiramkan saus kacang yang mirip saus cilok.

Tape Ketan Daun Jambu, cita rasanya khas banget

kuliner enak di cirebon
www.instagram.com

Tape ketan bukan makanan yang asing. Di zaman modern begini, biasanya tape ketan dikemas dalam wadah plastik yang praktis dan anti bocor. Di Cirebon, kamu masih bisa menemukan tape ketan yang dibungkus daun jambu. Bentuknya mirip bacang atau nagasari. Aroma daun jambunya bikin rasa tape ketan makin nikmat.

Lengkap sudah rekomendasi makanan khas Cirebon di atas. Tentunya, kamu masih akan menemukan kuliner Cirebon lain selama perjalananmu. Siap-siap terkesima dengan ragam kulinernya dan siapkan uang saku cukup buat jalan jajan di sana.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

318 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Iyan Saja 06 June 2019 | 06:20:34

enak sekali mungkin ini makanan mah

rudi 06 June 2019 | 04:09:30

ini paling lezat menurutku pas makan dicirebon

Farhan Taufik 05 June 2019 | 18:11:45

ketupat mungkin bisa jadi menu pilihan

Rita Ayu 04 June 2019 | 11:38:34

wah bisa pilih banyak makanan enak

to 31 May 2019 | 23:56:25

wah bisa pilih banyak makanan enak

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top