7 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Populer karena Legendanya

09 December 2018 by
7 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Populer karena Legendanya

Indonesia memiliki beragam kearifan lokal yang menarik dan jadi nilai tambah bagi wisatanya. Salah satu di antaranya adalah legenda dan cerita rakyat yang diceritakan secara turun-temurun. 

Kehadiran legenda itu bukan hanya menjadi 'asal-usul' atau mitos semata. Di beberapa tempat, mitos tersebut bahkan menjadi pendongkrak popularitas kawasan wisata.

Berikut tujuh destinasi wisata Indonesia yang populer lewat legenda, yang berhasil kumparanTRAVEL rangkum untuk kamu. 

1. Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan merupakan kawasan candi Hindu terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Dikenal juga sebagai Candi Roro Jonggrang, Candi Prambanan terkenal dengan kisah cinta yang tak terbalas.

Menjadi salah satu warisan dunia UNESCO, Candi Prambanan merupakan destinasi wisata yang wajib kamu datangi saat berada di Yogyakarta. Konon, arca dalam Candi Prambanan baru lengkap setelah Pangeran Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang sebagai arca keseribu. 

Sang pangeran mengutuk Roro Jonggrang karena ia mencurangi Bandung Bondowoso dengan memerintahkan warga untuk menumbuk padi agar ayam jantan berkokok, sebagai tanda hari telah pagi. 

2. Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat

Ke Bandung rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Berada di ketinggian 2.084 meter, kawasan Gunung Tangkuban Perahu bukan hanya menyajikan pemandangan yang memanjakan mata, tapi juga udara dan aroma yang sejuk bagi setiap pengunjungnya. 

Namun di balik keindahannya, Gunung Tangkuban Perahu menyimpan kisah cinta terlarang antara ibu dan anaknya. Menurut legenda, Gunung Tangkuban Perahu adalah wujud perahu yang ditendang oleh Sangkuriang saat ia gagal memenuhi permintaan Dayang Sumbi.

Dayang Sumbi adalah ibu sekaligus wanita titisan dewi yang hendak dilamar oleh Sangkuriang. Ia jugalah yang memohon pada Sangkuriang untuk dibuatkan perahu dan telaga hanya dalam semalam sebagai ujian atas ketulusan Sangkuriang. 

3. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba dikenal sebagai danau terbesar di Indonesia. Karena kepopuleran dan potensi wisata yang ia miliki, Danau Toba bahkan menjadi salah satu destinasi wisata prioritas Kementerian Pariwisata atau yang dikenal sebagai Bali Baru. 

Sayang di tengah gembornya Pemerintah Indonesia mempromosikan Danau Toba, sebuah kisah tragis muncul. Kapal Motor Sinar Bangun tenggelam saat melakukan perjalanan dan memakan korban lebih dari 100 penumpang. 

Meski KM Sinar Bangun dinyatakan tenggelam karena kelebihan muatan, ada pula yang beranggapan berbeda. Kabarnya ada anggapan yang menyangkutpautkan insiden itu dengan ikan emas sebesar 14 kg yang didapat pemancing beberapa hari sebelumnya. 

Para pemancing tidak mengindahkan tetua adat yang menyuruh mereka untuk mengembalikan kembali ikan mas raksasa itu dan malah menyantapnya bersama. Padahal mitosnya Danau Toba terbentuk dari air mata seorang wanita yang dulunya seekor ikan. Wanita tersebut sedih dan menangis karena sang suami tak bisa menepati janji, serta menyebut anaknya, Samosir, sebagai anak ikan. 

4. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Berada di pesisir selatan Yogyakarta, popularitas Pantai Parangtritis sebagai destinasi wisata pastinya tidak bisa diragukan lagi. Keindahan pantai yang berpadu dengan ombak tinggi menjadikan Pantai Parangtritis sebagai salah satu ikon wisata yang tak hanya dikenal wisatawan dalam negeri, tapi juga mancanegara. 

Diyakini sebagai gerbang menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul, si penguasa laut selatan, Pantai Parangtritis dianggap sebagai kawasan yang keramat dan mistis. Karenanya saat berkunjung ke pantai ini, kamu disarankan untuk tidak menggunakan pakaian berwarna hijau agar tak diculik oleh Nyi Roro Kidul.

5. Pantai Air Manis, Sumatera Barat

Siapa yang tak pernah mendengar legenda Malin Kundang, anak laki-laki yang durhaka pada ibunya setelah sukses menjadi juragan kaya dan memiliki istri yang cantik? 

Malin dikutuk menjadi sebuah batu oleh sang ibu yang sedih karena tidak diakui oleh anaknya sendiri. Patung Malin Kundang yang bersujud memohon ampun pada ibunya dapat kamu temukan di Pantai Air Manis, Padang Selatan, Sumatera Barat. 

Legenda ini pula yang menjadikan Pantai Air Manis menjadi salah satu destinasi wisata populer di Sumatera Barat sekaligus wajib dikunjungi. Di pantai berpasir putih kecoklatan tersebut, bukan hanya patung Malin Kundang saja yang bisa kamu temukan, tapi juga batuan besar yang diyakini sebagai pecahan kapalnya. 

6. Pulau Komodo, Labuan Bajo

Pulau Komodo di Labuan Bajo, NTT adalah salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 1991. Berisi binatang reptil purba satu-satunya di dunia, Pulau Komodo wajib kamu sambangi saat berada di NTT. 

Tapi ternyata selain dihuni oleh hewan langka, Pulau Komodo juga punya legenda yang menarik dan populer di masyarakat setempat. Konon, komodo adalah salah satu anak kembar dari seorang putri yang dijuluki Putri Naga dengan suaminya Moja. 

Karena malu, ia mengasingkan anaknya yang berbentuk kadal (Ora) ke dalam hutan. Suatu hari, Gerong, saudara kembar Ora yang berbentuk manusia hendak membunuhnya dengan tombak saat sedang berburu di hutan. 

Beruntung sang ibu datang tepat waktu dan menceritakan semuanya. Sejak saat itu baik manusia maupun komodo hidup berdampingan . 

7. Danau Kelimutu, NTT

Terkenal dengan sebutan Danau Tiga Warna, Danau Kelimutu menyimpan kisah kelam yang mampu buatmu bergidik ngeri. Pasalnya, perbedaan warna yang dihasilkan di tiga danau kabarnya berasal dari sifat manusia yang terbenam di dalamnya. 

Konon, Danau Kelimutu terbentuk setelah terjadi pertarungan sengit antara Ata Polo, tukang tenung yang gemar memakan manusia dengan Ata Bupu, tokoh masyarakat yang dikenal baik. 

Pertengkaran antarteman itu terjadi setelah Ata Polo merasa dibohongi oleh Ata Bupu. Masyarakat setempat percaya bahwa Danau Tiga Warna memiliki kekuatan magis. Tidak heran banyak penduduk yang datang untuk meminta kesehatan dan petunjuk.  

Menarik sekali, ya. Mana wisata populer di Indonesia dengan legenda yang jadi favoritmu?

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1073 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Edy 21 January 2019 | 23:06:01

Anda seharusnya tidak berkomentar jelek seperti itu bung

Syarif Fahrul Huda 21 January 2019 | 18:25:18

karena adanya legenda akan membuat pensaran

Amid Purnama 21 January 2019 | 05:00:46

Zaman sekarang ini memang segala seuatu serba mahal aduh

Ardi Agudian 19 January 2019 | 02:57:18

indonesia memang penuh dengan legendanya

neri gustiani 17 January 2019 | 14:41:16

merupakan legenda dari indonesia asli keren lah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top