5 Upacara Adat di Jakarta yang Masih Dilestarikan Hingga Kini

14 April 2019 by
5 Upacara Adat di Jakarta yang Masih Dilestarikan Hingga Kini

Upacara Pernikahan Adat Betawi (Sumber: futariworld.blogspot.com)

Uzone.id - Selama ini Kota Jakarta memang dikenal sebagai kota metropolitan yang menawarkan berbagai kemudahan. Namun, tahukah Anda bahwa Jakarta pun menyimpan banyak warisan budaya berupa upacara adat? Sisi lain ini membuat Kota Jakarta semakin menarik untuk dijelajahi. Terutama bagi Anda yang menyukai segala sesuatu tentang sejarah dan budaya.

Adapun upacara adat di Jakarta yang masih dilestarikan, antara lain sebagai berikut.

1. Bikin Rume

Sesuai dengan namanya, ritual ini dilakukan sebelum membangun rumah. Ritual ini dilakukan untuk menentukan tata letak rumah sesuai dengan feng shui. Tujuannya agar rumah yang akan didirikan membawa keberkahan dan terhindar dari musibah.

Dalam ritual bikin rume, pemilik rumah harus memilih kayu tertentu yang nantinya digunakan sebagai dasar pembuatan rumah. Meskipun tampak sepele, ritual ini sangat penting bagi suku Betawi.

2. Pinde Rume

Selain ritual bikin rume, suku Betawi pun memiliki ritual pinde rume. Bagi suku Betawi, pindahan rumah tak sekadar memindahkan barang dari rumah lama ke rumah baru, melainkan lebih daripada itu.

Dalam prosesi pinde rume, pihak yang hendak pindah harus mengambil tanah dari pekarangan rumah lama dan dibungkus dalam kain putih. Nantinya, tanah ini akan disebarkan di pekarang rumah baru. Tujuannya agar aura keberkahan pemilik rumah baru tidak berubah.

3. Nginjek Tanah

Nginjek tanah merupakan prosesi adat Betawi yang dilakukan ketika seorang bayi telah mampu menginjakkan kakinya di tanah. Dalam prosesi ini, anak akan dibawa menaiki tujun anak tangga yang dibuat dari tanaman tebu.

Setelah proses tersebut, anak akan dipancing untuk memasuki sebuah kurungan yang telah dilengkapi berbagai macam hadiah. Konon, benda yang pertama kali diambil si anak akan menuntunnya di masa depan.

4. Ngelamar

Ngelamar merupakan prosesi upacara lamaran masyarakat Betawi. Dalam acara ini, calon mempelai pria akan datang mengunjungi rumah calon mempelai wanita bersama rombongan dengan berjalan kaki.

Pihak calon mempelai pria datang dengan membawa berbagai macam hadiah bagi calon mempelai wanita, seperti cincin pertunangan, aneka buah, hingga roti buaya. Umumnya, setelah kedua belah pihak bertemu, acara ini dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan bersama. Prosesi ngelamar wajib dilakukan sebelum kedua calon mempelai memutuskan untuk menikah.

5. Upacara Pernikahan

Upacara ini digelar setelah kedua pasangan memutuskan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, yakni pernikahan. Sebelum upacara pernikahan berlangsung, calon mempelai wajib melakukan ritual bawa tande putus, masa dipiare, siraman, malem mangkat lebih dulu. Setelahnya, calon mempelai pria akan datang menggunakan andong bersama rombongan membawa seserahan.

Uniknya, prosesi penyambutan mempelai pria selalu diiringi dengan rentetan petasan dan musik rebana. Sebelum mempelai pria diterima, kedua rombongan akan saling berbalas pantun atau disebut palang pintu. Setelah prosesi palang pintu usai, kedua mempelai akan duduk di pelaminan menyambut para tamu.

Itulah sejumlah ritual adat di Jakarta yang perlu untuk Anda ketahui. Jika Anda ingin menyaksikan langsung ritual tersebut, jangan ragu untuk mengunjungi Jakarta menggunakan pesawat terbang.

Lakukan pemesanan tiket pesawat ke Jakarta melalui website atau aplikasi Airy. Dapatkan tiket Citilink murah lengkap dengan fasilitas berupa pengembalian dana, reschedule tiket, dan pembayaran via transfer bank, kartu kredit, atau gerai Indomaret.

Anda tak perlu khawatir mengenai keamanan transaksi, sebab Airy memastikan bahwa seluruh transaksi bebas dari penipuan. Selain liburan, Airy pun menyediakan layanan perjalanan bisnis yang akan memudahkan perusahaan Anda.

Dan jangan sampai ketinggalan, saat ini sedang ada promo gercep di Airy, Anda bisa dapat diskon besar untuk tiket pesawat dan hotel.

 

Apa lagi yang Anda tunggu? Yuk, ke Jakarta sekarang dengan promo gercep Airy!

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

227 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
taram haryadi 20 May 2019 | 13:18:32

bukan cuma betawi,banyak budaya yang harus dileatarikan

Prado Prafistian 12 May 2019 | 05:46:01

y harus dilestarikan lah itu kan peninggalan nenek moyang jangan sampai dilupakan

irfan97 08 May 2019 | 08:08:01

nama nya tradisional emang harus tetap dilestarikan

Septian Tito 07 May 2019 | 10:10:21

wah masih banyak ya ternyata upacara adatnya

RiyanArt 06 May 2019 | 16:16:33

adat betawi emang banyak dan beragam dan saye suke entu😂

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top