home ×
Travel

5 Tips Mengajukan Visa ke Korea Selatan

30 April 2019 By
5 Tips Mengajukan Visa ke Korea Selatan
Uzone

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Warga Indonesia semakin banyak yang liburan ke Korea Selatan. Negeri Ginseng ini memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan kuliner yang pas di lidah masyarakat Tanah Air.

Sayangnya, buat kamu yang baru pertama kali liburan ke Korea Selatan, ada satu syarat yang harus dipenuhi. Kamu harus mendapatkan visa ke Korea Selatan. Untuk mengajukannya cukup mudah kok. Aisa Noor Medina Rakhmi, perempuan yang solo traveling ke Korea Selatan pada 1-7 April 2019 berbagi tips mengajukan visa ke Korea Selatan.

Paham jenis visa

Kamu disarankan untuk memahami visa yang hendak kamu buat. Karena ada tiga jenis visa ke Korea Selatan. Aisa mengatakan, “Maksimal 90 hari, di atas 90 hari, dan multiple visa (satu kali pengajuan visa untuk berkali-kali kunjungan dalam jumlah tahun tertentu.”

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Pesawat Mendarat Darurat

Syaratnya, yaitu SPT Tahunan, surat keterangan kerja dari kantor (isinya adalah bahwa pemohon adalah karyawan di perusahaan itu), surat keterangan dari bank (isinya bahwa benar pemohon visa adalah nasabahnya), dan print rekening koran tiga bulan terakhir.

Mengajukan dua bulan sebelum berangkat

Amannya, kamu bisa mengajukan visa dua bulan sebelum keberangkatan. “Karena proses pembuatan visa itu sekitar 14 hari kerja kalau gak salah. Takutnya ada penolakan, jadi masih bisa dipersiapkan lagi,” ujar Aisa.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam di Lampung Barat

Beli tiket pesawat dan penginapan, lalu mengajukan visa

Idealnya, pelancong disarankan untuk mengajukan visa terlebih dahulu. Setelah dapat, baru beli tiket pesawat dan penginapan. Namun, Aisa melakukan hal sebaliknya.

“Kamu sebaiknya sudah menyiapkan semuanya dan tabungan, baru bikin visa. Jangan di balik. Biar sekalian jalan. Soalnya visa juga kan dilihat dari kesiapan finansial. Itu kenapa rekening koran jd syarat wajib untuk bikin visa,” ujar Aisa.

Kalau mengajukan visa dulu, kamu bisa-bisa gak dapat tiket pesawat—apalagi kalau kamu mengincar tiket pesawat murah. “Kan saya udah keluar uang buat bikin visa,” kata Aisa.

Baca juga: Potret Gili Trawangan Hampir Setahun Pasca-gempa

Pesan tiket dari jauh-jauh hari

Jangan mepet membeli tiket pesawat. Misalnya, kamu mau ke Korea Selatan pada Oktober, tapi baru membeli tiket September. “Soalnya bakalan ribet di visa. Kalau gak pas waktu approved visanya bisa ilang semua,” ungkap Aisa.

Pintar-pintar menyiasati saldo mengendap di rekening

Meski tidak ada ketentuan jumlah saldo yang harus mengendap di rekening, cetak rekening koran tiga bulan terakhir tetap menjadi syarat mengajukan visa ke Korea Selatan.

Baca juga: Taman Pasir Jeen Womom Papua Barat, Tempat Penyu Belimbing Bertelur

Untuk menyiasati hal ini, Aisa mencoba mencari tahu terlebih dahulu rata-rata biaya hidup sehari di Korea Selatan. Untuk jumlah saldo mengendap, Aisa mencoba menghitung dengan rumus: (Jumlah hari x biaya hidup per hari ) + 50%.

“Misalnya, biaya hidup rata-rata di Korea 100 dolar per hari. Aku liburan di sana tujuh hari. Jadi, 7x100 dolar ditambah 50%. Totalnya, saldo aku kemarin sekitar 15 juta. Kayaknya, yang dilihat itu di rekening korang ada saldo berapa,” ujar Aisa.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

328 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ALI YUSUF 20 January 2020 | 11:18:51

tips yang membantu untuk mengajukan visa ke korea selatan

DimasHardstyle 13 October 2019 | 14:54:04

tips yang sangat membantu untuk pergi ke korea

odik 12 September 2019 | 23:36:26

tips yang sangat membantu untuk kita bersama

939 10 August 2019 | 07:29:31

suruh calo aja terima beres haha Diana Rachma

Muis 28 31 July 2019 | 10:28:53

wah oatut dicontoh nih caranya biar lancar

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article