5 Fakta Wisata Halal Indonesia: Cewek dan Cowok Dipisah Kayak di Masjid?

20 June 2019 by
5 Fakta Wisata Halal Indonesia: Cewek dan Cowok Dipisah Kayak di Masjid?

Pendaki di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Foto: Pixabay)

Uzone.id - Rencana pemisahan tenda pria dan wanita di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), bikin heboh warganet. Hal itu disampaikan Kepala Badan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono.

Karena pernyataan itu sempat viral, Sudiyono langsung mengklarifikasi. Dalam pernyataan yang diterima Uzone.id, Sudiyono menyampaikan, rencana pemisahan tenda pria dan wanita tidak akan dilaksanakan.

Baca juga: Kocak, Kera di Bali Ini Ngajak Selfie Turis

Terlepas dari itu, Sudiyono sempat menyampaikan bahwa rencana—yang sudah dibatalkan—tersebut merupakan upaya mendukung wisata halal di Lombok.

Bicara lebih jauh soal wisata halal, sebenarnya apa definisi dari konsep ini? Lantas, bagaimana dengan wisata halal di Indonesia? Untuk menjawabnya, berikut ini lima fakta yang wajib kamu tahu tentang wisata halal.

Salah kaprah wisata halal

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani Mustafa sempat menyampaikan bahwa orang kadang salah kaprah soal wisata halal.

Baca juga: Kontroversi, Tenda Cowok-Cewek di Rinjani Batal Dipisah

“Itu bukan mengislamkan destinasi, itu adalah extended service, menyiapkan kebutuhan bagi wisatawan Muslim, seperti makanan halal dengan banyak restoran bersertifikasi halal,” ujar Rizki kepada Uzone.id, beberapa waktu lalu.

Jadi, halal tourism itu adalah memberikan fasilitas untuk wisatawan Muslim, agar lebih nyaman dan tenang selama melakukan perjalanan.

Indonesia jadi destinasi wisata halal terbaik dunia 2019

Berdasarkan siaran pers dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Indonesia menjadi destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019 versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Indonesia mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.

Baca juga: Qatar Maskapai Terbaik Dunia, Garuda Indonesia Terlempar dari 10 Besar

Lombok, destinasi wisata halal terbaik di Indonesia

Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terpilih sebagai destinasi wisata halal. Muslim Travel Index (IMTI) 2019 dalam laporannya menyebutkan, 10 destinasi wisata halal unggulan Indonesia: Lombok, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

5 dari 10 destinasi wisata halal terbaik dunia ada di Indonesia

Sebanyak 5 dari 10 destinasi wisata halal terbaik dunia 2019 ada di Indonesia. Kelima destinasi tersebut yaitu Lombok, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Jakarta dan Sumatera Barat.

Baca juga: KFC Punya Chicken Burger, Tapi Bukan Terbuat dari Daging Ayam

Pada lima daerah itu, destinasi wisatanya selalu didukung dengan restoran halal yang tersertifikat. Menpar juga menambahkan tidak hanya terdapat restoran halal, wisatawan dimanjakan dengan beragam fasilitas pendukung wisata halal. 

Di samping itu, jumlah tempat ibadah juga banyak dan tersebar merata. Bandara lengkap dengan tempat ibadah.

Wisata halal mendatangkan banyak wisatawan mancanegara

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, wisata halal sudah menyumbang banyak kunjungan wisatawan mancanegara dengan pemasukan yang besar. Pertumbuhannya meningkat dan sudah banyak negara di dunia yang menggencarkan wisata halal.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

275 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
jarcoks skr 07 September 2019 | 15:36:17

ya iyalah dipisah kan bukan muhrimnya

꧁yus꧂ 27 August 2019 | 06:41:26

emang kudu begitu ya segitunya sih

odik 21 August 2019 | 06:09:49

supaya fokus sama pemandangan aja

super man 16 August 2019 | 18:24:26

kalo sudah suami istri sih nggak papa y

fauzi 66 10 August 2019 | 22:57:32

dengan begitu tak ada risih lagi kalo kita berwisata

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top