5 Fakta Wajib Tau Sebelum Liburan ke Pulau Bintan

12 June 2019 by
5 Fakta Wajib Tau Sebelum Liburan ke Pulau Bintan

Bintan Lagoon Resort, salah satu destinasi wisata di Pulau Bintan. (Foto: Birgitta Ajeng)

Uzone.id - Pernah mendengar tentang Pulau Bintan? Ya, Pulau Bintan adalah pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Di pulau yang berdekatan dengan Pulau Batam ini terdapat ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Tanjung Pinang.

Baca juga: Wisatawan Timur Tengah dan Eropa Suka Liburan Musim Panas di Bali

Pulau Bintan adalah salah satu yang mampu menarik perhatian turis. Apa yang menarik di Pulau Bintan? Kuliner apa yang khas di sana? Nah, berikut ini lima fakta wajib tahu sebelum kamu liburan ke Pulau Bintan.

Musim panas yang menyengat

Pada musim panas, suhu udara di Pulau Bintan berkisar 23oC – 31oC. Panas matahari benar-benar menyengat di musim ini. Sedangkan ketika musim hujan, Pulau Bintan bisa diguyur hujan seharian.

Lagoi Bay, pantai untuk umum di Kawasan Wisata Lagoi, Pulau Bintan. (FotoL Birgitta Ajeng)

Ke Pulau Bintan bisa via laut atau udara

Kamu bisa pergi ke Pulau Bintan dengan pesawat dari Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta, Tagerang, Banten ke Bandara Bandara Raja Haji Fisabililah di Pulau Bintan. Ada rute langsung, ada pula yang perlu transit di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam.

Turis Singapura dan Cina biasanya datang ke Pulau Bintan via laut. Mereka biasanya naik feri dari Pelabuhan Tanah Merah di Singapura ke Pelabuhan Tanjung Uban, Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Pelabuhan Bintan Lagoon Resort, atau Pelabuhan Sri Bintan yang semuanya ada di Pulau Bintan.

Baca juga: Melihat Keindahan Telaga Biru dan Gurun Pasir Busung di Bintan

Kawasan Wisata Lagoi

Ada banyak destinasi wisata di Bintan, yaitu Gurun Pasir Busung, Telaga Biru, Pantai Trikora, Danau Biru Kawai, dan lainnya.

Salah satu destinasi wisata yang menarik perhatian turis, yaitu Kawasan Wisata Lagoi. Destinasi ini memiliki pantai yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Seluas 23.000 hektar, kawasan ini memiliki pantai berpasir putih.

Ada beberapa tempat yang khusus untuk pengunjung, yaitu pantai di Bintan Lagoon Resort. Pantai di situ hanya untuk turis yang menginap di Bintan Lagoon Resort.

Bintan Lagoon Resort, salah satu destinasi wisata di Pulau Bintan. (Foto: Birgitta Ajeng)

Bintan jadi destinasi wisata olahraga

Bintan telah menjadi destinasi wisata olahraga yang menarik ribuan orang di seluruh dunia. Mereka datang ke Pulau Bintan untuk berkompetisi di ajang maraton, triathlon, dan golf. Ajang yang baru-baru ini digelar, yaitu Bintan Triathlon 2019.

Ada ribuan peserta yang terlibat. Kebanyakan peserta berasal dari mancanegara, seperti Singapura, Malaysia, dan sejumlah negara Eropa.

Baca juga: Sigale Gale Carnival 2019 dan Keunikan Budaya Samosir

Kuliner beragam

Bintan punya kuliner beragam, mulai dari otak-otak tulang, prata, kerang bulu, sotong masak itam, asam pedas melayu, gonggong, kopi hawai, bubur pedas, nasi lemak, siput isap, sampai es koteng.

Gonggong adalah salah satu yang wajib kamu coba. Ini berupa siput yang disajikan bersama saus khas. Kamu bisa menemukannya di pusat kuliner Akau Potong Lembu, Tanjung Pinang.

 

 

 

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

345 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Be Shine 25 June 2019 | 07:26:27

bagus ya buat liburan bareng teman atau keluarga

Fahrel Indra 25 June 2019 | 07:00:24

oh .. ternyata itu fakta nya ya . mantap

Alwa Aulia 24 June 2019 | 03:19:45

dimana si tempat pulau bintang

Sutisna Dedi 23 June 2019 | 17:22:52

sangat bagus ya pemandangan nya ,luarbiasa

Khoirul Umam 22 June 2019 | 05:49:22

apalagi liburan bareng pacar lebih enak

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top