Selain Gudeg, Ini Oleh-oleh Wajib Saat Traveling ke Yogyakarta

23 September 2019 by
Selain Gudeg, Ini Oleh-oleh Wajib Saat Traveling ke Yogyakarta

Sulit dimungkiri, Yogyakarta merupakan kota destinasi favorit untuk traveling. Memiliki beragam potensi wisata, wajar saja Yogyakarta memiliki banyak julukan. Kota budaya, kota pelajar, kota seniman, kota keraton hingga kota gudeg.

Gudeg merupakan ikon kuliner khas Yogyakarta. Campuran nangka muda dengan bumbu-bumbu tradisional ini menjadi kuliner yang wajib dimakan saat ke Yogyakarta.

Tak hanya lezat dinikmati saat berada di Yogyakarta, gudeg juga dapat dibungkus sebagai oleh-oleh, lho.

Biasanya, gudeg yang dibawa untuk oleh-oleh dibuat agak kering agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Gudeg kering ini bisa bertahan paling tidak tiga hari.

Selain gudeg, banyak kuliner khas Yogyakarta yang bisa Anda bawa sebagai buah tangan. Yogyakarta juga dikenal dengan sajian kulinernya yang tidak hanya enak, namun memiliki ciri khas dan kaya rasa.

Berikut lima oleh-oleh wajib yang bisa dibawa pulang setelah traveling ke Yogyakarta.

1. Bakpia

Hampir setiap sudut kota, oleh-oleh khas Yogyakarta ini mudah ditemukan. Bakpia, kue yang terbuat dari adonan kulit lembut diisi dengan berbagai isian. Kacang hijau, cokelat, keju manis, hingga yang paling kekinian diisi adonan matcha green tea atau durian.

Beberapa bakpia legendaris yang selalu menjadi incaran para wisatawan yaitu Citra Premium, Kurnia Sari, Merlino, dan Bakpia 25. Namun, saat ini bermunculan juga bakpia dengan inovasi dalam proses pembuatannya seperti bakpia kukus Tugu Jogja.

Nah, mana bakpia favorit Anda?

2. Yangko

Camilan legendaris lainnya yang wajib menjadi oleh-oleh yaitu yangko. Kudapan ini terbuat dari tepung ketan dengan isi kacang. Sekilas menyerupai mochi karena memiliki tekstur yang kenyal, lembut, dan legit.

Tidak hanya kacang, yangko pun memiliki berbaga rasa ainnya seperti cokelat dan buah-buahan. Seperti bakpia, yangko juga dapat dengan mudah ditemukan di Yogyakarta. Memiliki ketahanan yang lama dan harga yang terjangkau, yangko menjadi salah satu kudapan manis yang wajib dibawa pulang.

Kue yangko khas Yogyakarta. (Dok : Traveloka).
Kue yangko khas Yogyakarta. (Dok : Traveloka).

3. Geplak

Manisnya cerita berwisata Yogyakarta lebih lengkap dengan manisnya kudapan khas kota keraton ini. Cemilan manis lainnya yaitu geplak. Geplak terbuat dari parutan kelapa, gula, dan pewarna makanan. Tampilan geplak yang berwarna-warni menjadi daya tarik untuk dibawa sebagai buah tangan. 

Geplak memiliki banyak varian rasa, dari vanila, cokelat, durian hingga nangka. Sangat cocok menjadi teman minum teh atau kopi bersama kerabat saat pulang nanti.

4. Cokelat Monggo

Bingung memilih oleh-oleh untuk keponakan atau anggota keluarga yang masih anak-anak, cokelat monggo bisa menjadi pilihan tepat. Meski diciptakan oleh orang asing, Thierry Detournay asal Belgia pada 2005 lalu, cokelat monggo terbuat dari bahan-bahan lokal.

Cokelat monggo dibuat dari cokelat asli asal Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.  Tidak kalah dengan cokelat dari Belgia. Cokelat monggo memiliki banyak rasa yang bisa dicicipi. Durian, mangga, cokelat putih, cokelat hitam, sampai cabai merah. Rasanya yang khas membuat cokelat asal Yogyakarta ini menjadi buruan para wisatawan untuk oleh-oleh.

Itu berbagai oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang saat traveling ke Yogyakarta. Nah, untuk berburu oleh-oleh di atas, tentunya semakin nikmat dengan transportasi yang mendukung. Agar lebih leluasa saat berburu buah tangan, Anda bisa menggunakan sewa mobil Yogyakarta lepas kunci dari Traveloka.

Ada banyak ragam mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan saat berburu buah tangan di Yogyakarta. Selain berkesempatan mendapatkan harga terbaik, memesan sewa mobil lepas kunci dari Traveloka sangat nyaman dan praktis. Jadi, sudah siap berburu oleh-oleh di Yogyakarta?



 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

114 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
transboy5 20 October 2019 | 15:52:15

palingan nih kalau di jogja itu yang terkenal kalau gak gudeg ya bakpia

DHStyle 19 October 2019 | 16:49:54

di yogyakarta banyak makanan makanan enak banget

pejuang 13 October 2019 | 00:21:48

yang mau liburan ke Yogyakarta kalian harus beli oleh-oleh ini

Aditya Rizaldi 11 October 2019 | 18:58:59

di yokyakarta banyak makanan yang enak

Putri Safitri 10 October 2019 | 15:12:09

enak enak banget apalagi tampilannya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top