3 Pasar Tradisional di Solo, Tempat Berburu Oleh-Oleh Murah

18 December 2018 by
3 Pasar Tradisional di Solo, Tempat Berburu Oleh-Oleh Murah

(Pasar Klewer/pariwisatasolo.surakarta.go.id)

Uzone.id - Kamu ingin menghabiskan liburan akhir tahun di Solo? Jika ya, maka kamu perlu meluangkan waktu untuk pergi ke pasar tradisional di Solo. Tidak hanya menjajakan barang-barang yang khas, beberapa bangunan pasar di kota ini bahkan dijadikan cagar budaya.

Menjelajahi setiap lorong dari salah satu pasar tradisional di Solo tentu menjadi pengalaman berkesan. Mengutip Dinas Pariwisata Kota Surakarta, berikut ini tiga pasar tradisional di Solo.

Pasar Antik Triwindu

Pasar Antik Triwindu terletak di Jalan Diponegoro, Solo. Pasar ini menjajakan beragam barang antik, mulai dari patung kayu dan baru, radio, uang, peralatan rumah tangga, dan lainnya.

Baca: Ini Resort Terbesar di Bali Versi Traveller

Pasar Antik Triwindu didirikan pada tahun 1939. Pasar ini dibangun untuk memperingati 24 tahun pemerintahan Mangkunegara VII. Pasar ini sempat tidak terawat. Pada masa pemerintahan Walikota Joko Widodo, pasar ini direnovasi dan didesain ulang.

Pasar Gedhe Harjonagoro

Pasar Gedhe Harjonagoro berdiri di pusat Kota Solo, tepatnya berdekatan dengan Kampung China yang dikenal dengan daerah Balong dan Wihara Avalokitesvara.

Pasar ini dinamakan Pasar Gedhe Harjonagoro, karena memiliki atap yang besar. menariknya, pasar ini dibangun oleh arsitek terkenal asal Belanda, yaitu Thomas Karsten. Gaya arsitektur pasar tradisional ini memadukan gaya Belanda dan Jawa.

Baca: 4 Camilan Khas Semarang yang Harus Kamu Coba

Pasar Gedhe Harjonagoro terdiri dari dua bangunan berlantai dua yang dipisahkan oleh Jalan Sudirman. Pasar ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Namun bangunan aslinya tetap dipertahankan.

Pasar Gedhe Harjonagoro ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, setelah Pasar Klewer. Pasar ini menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari, seperti sayur-sayuran dan  buah-buahan. Di sini, kamu juga bisa menikmati kudapan khas Solo.

Baca: Mengenal Sokcho, Kota Kecil yang Jadi Lokasi Syuting Drama Korea Encounter

Pasar Klewer

Pasa Klewer sempat mengalami kebakaran pada 2014. Meski demikian, pasar ini berhasil bersolek. Pasar Klewer tampil lebih rapi dan leluasa. Pasar ini juga memiliki area parkir yang luas.

Pasar Klewer terletak di dekat Keraton Surakarta Hadiningrat. Di pasar ini terdapat 2.211 pedagang yang memiliki kios, dan 765 pedagang yang tidak memiliki kios.

Di pasar ini, kamu bisa puas berbelanja tekstil. Tidak hanya batik, kamu juga bisa berbelanja jaket, kaus, daster, dan aneka busana. Buat kamu yang mempunyai hobi berbelanja, satu hari tidak akan cukup untuk menjelajahi Pasar Klewer.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
100%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

984 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
prilly latuconsina 26 May 2019 | 12:22:13

wah pas banget nih buat oleh-oleh mudik

anton cakep 26 May 2019 | 12:18:04

gak heran sih tempatnya oleh oleh murah ya di solo ya

Krisna Aji 25 May 2019 | 12:31:23

wah rekomendasi banget nih buat warga solo

stone 25 May 2019 | 09:03:13

wuih bisa ngeborong baju batik nih

Agung Sertaji 25 May 2019 | 08:28:05

nntar mudik mampir kesana aah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top