×
{{ results.post_category | category_uzone}}

{{ results.post_title }}

{{ results.post_date_stamp }} By
Uzone

Destinasi Wisata di Sawahlunto, Sumatera Barat. (Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata)

Uzone.id - Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO. Penetapan ini diumumkan pada Pertemuan Komite Warisan Dunia di Kota Baku, Azerbaijan, 6 Juli 2019.

Menurut siaran pers dari Sekretariat Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO yang diterima Uzone.id, Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto pantas diposisikan sebagai warisan dunia karena konsep tiga serangkai yang dicetuskan oleh Pemerintah Belanda pada masa itu.

Baca juga: Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto Jadi Warisan Dunia UNESCO

Tiga serangkai meliputi industri pertambangan batubara di Sawahlunto, yang selanjutnya dibawa keluar Sawahlunto dengan menggunakan transportasi kereta api melalui wilayah Sumatera Barat, dan sistem penyimpanan di Silo Gunung di Pelabuhan Emmahaven, atau Teluk Bayur sekarang.

Ini menunjukkan perkembangan teknologi perintis abad ke-19 yang menggabungkan antara ilmu teknik pertambangan bangsa Eropa dengan kearifan lingkungan lokal, praktik tradisional, dan nilai-nilai budaya dalam kegiatan penambangan batubara yang dimiliki masyarakat Sumatera Barat.

Destinasi Wisata di Sawahlunto, Sumatera Barat. (Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata)

Hubungan sistemik industri tambang batubara, sistem perkeretaapian, dan pelabuhan ini berperan penting bagi pembangunan ekonomi dan sosial di Sumatera dan di dunia.

Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto menggambarkan dinamisnya interaksi sosial dan budaya antara dunia timur dan barat, yang berhasil mengubah daerah tambang terpencil menjadi perkotaan dinamis dan terintegrasi.

Baca juga: Mengintip Keindahan Danau Tahoe, Tempat Mark Zuckerberg Naik “Paddle”

Adapun pengajuan kriteria Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto yang menjadi Nilai Universal Luar Biasa (Outstanding Universal Value) adalah kritera ii dan iv.

Kriteria ii tentang adanya pertukaran penting dalam nilai-nilai kemanusiaan sepanjang masa atau dalam lingkup kawasan budaya, dalam perkembangan arsitektur dan teknologi, seni monumental, perencanaan kota, dan desain lanskap.

Destinasi Wisata di Sawahlunto, Sumatera Barat. (Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata)

Dalam keterkaitannya dengan kriteria ii, keunikan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto menunjukkan adanya pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa terkait dengan eksplotasi batubara di masa akhir abad ke-19 sampai dengan masa awal abad ke-20 di dunia, khususnya di Asia Tenggara.

Sedangkan kriteria iv tentang contoh luar biasa dari tipe bangunan, karya arsitektur dan kombinasi teknologi atau lanskap yang menggambarkan tahapan penting dalam sejarah manusia.

Baca juga: Gempa Ternate, Wisatawan Aman dan Bandara Tetap Buka

Keunikan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto menunjukkan contoh rangkaian kombinasi teknologi dalam suatu lanskap kota pertambangan yang dirancang untuk efisiensi sejak tahap ekstraksi batubara, pengolahan, dan transportasi, sebagaimana yang ditunjukkan dalam organisasi perusahaan, pembagian pekerja, sekolah pertambangan, dan penataan kota pertambangan yang dihuni oleh sekitar 7000 penduduk.

Duta Besar LBBP RI untuk Republik Azerbaijan, Prof. Dr. H. Husnan Bey Fananie, menyampaikan, Warisan Budaya Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto merupakan warisan budaya yang benar-benar signifikan bagi masyarakat Indonesia dan juga dunia.

239 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Charlot Katakuri 09 October 2019 | 12:50:10

apa yang kira-kira tempat ini menjadi tempat yang menarik

DimasHardstyle 07 October 2019 | 23:34:32

tidak perlu arsitektur megah yang penting dia memiliki sejarah

trie 26 August 2019 | 16:01:26

Tidak perlu arsitektur megah yang penting dia memiliki sejarah dan dihargai

14 August 2019 | 10:06:09

wisata nya bagus Jeremy Christy9 nih

odik 08 August 2019 | 19:44:22

oh ini alasan Ombilin Sawahlunto yang terpilih

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article